Pantai Jogja: Pantai Sundak

5 Wisata Pantai Jogja Terindah dan Eksotik

Wisata pantai Jogja mungkin belum sepopuler wisata pantai di Bali, hal ini karena Jogjakarta memang lebih dikenal sebagai kota pelajar dan obyek wisata budaya, keraton, dan kuliner yang rasanya enak dan murah. Padahal sebenarnya tersimpan wisata pantai yang sangat indah, eksotik dan wajib untuk Anda kunjungi untuk menghabiskan liburan atau sekedar untuk menikmati suasana pantai yang hangat, hamparan pasir putih dan indahnya matahari terbit dan terbenam.

Bagi para travelers yang sedang berencana untuk berlibur di Jogjakarta, jangan sampai melewatkan indahnya pemandangandan suasana pantai di Jogja yang akan memberikan Anda pengalaman yang tidak terlupakan. Berikut ini 5 wisata pantai Jogja yang terkenal dengan keindahan dan suasanya yang eksotis, yaitu:

Pantai Sundak

pantai-sundak

Untuk rehat sejenak dari kebisingan kota, mengunjungi Pantai Sundak yang terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, akan menjadi tempat yang akan memanjakan mata Anda, dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih, ditambah dengan keelokan pemandangan perbukitan kapur yang eksotis akan membuat Anda merasa sangat nyaman dan rileks saat berada di tempat ini. Dan untuk Anda yang gemar fotografi, maka pesona pemandangan indah yang ditawarkan di pantai ini akan membuat blitz kamera Anda tidak akan berhenti memotret. Selain itu terdapat gua dengan sumur air tawar di sekitar lokasi pantai, yang akan melengkapi keindahan Pantai Sundak.

Pantai Indrayanti (Pulang Sawal)

Pantai Jogja: Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti atau Pulang Sawal yang berlokasi di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, merupakan salau satu pantai yang paling populer dan paling ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan luar kota. Pasir putih yang terhampar luas disepanjang bibir pantai, deburan ombak, dan berbagai fasilitas cukup lengkap seperti beragam watersport, gazebo, penginapan dan restoran yang menawarkan “romantic dinner” sebagai salah satu jenis pelayanannya, membuat Pantai Indrayanti menjadi destinasi favorit yang selalu ramai oleh wisatawan. Pantai ini juga sangat dijaga kebersihannya, sehingga menjadi obyek wisata pantai Jogja yang wajib Anda kunjungi.

Pantai Siung

pantai-siung

Masih di kawasan pantai Kecamatan Tepus, Gunung Kidur, terdapat satu destinasi pantai yang memiliki pemandangan yang elok bernama Pantai Siung, pantai yang berlokasi diantara dua tebing ini merupakan pantai favorit bagi para pendaki, karena dengan mendaki ke atas bukit disekitar Pantai Siung, Anda akan melihat panorama laut dan hamparan pasir yang sangat indah dan eksotis. Salah satu even internasional pernah diadakan di pantai ini, yaitu The Asian Climbing dan berhasil menarik 80 peserta dari 15 negara.

Pantai Timang

pantai-timang

Di antara semua pantai yang terdapat di wilayah Gunung Kidur, Pantai Timang merupakan destinasi yang cukup sulit untuk dicapai, karena untuk mencapainya diperlukan perjalanan 40 menit dan harus menggunakan mobil besar. Di pantai ini Anda bisa menemukan banyak sarang lobster, penduduk dan nelayan di sekitar tempat ini, memiliki cara yang unik untuk menangkap lobster, terdapat juga kereta gantung yang masih sangat tradisional yang biasa digunakan untuk menyebrang kesebuah batu karang besar di sekitar Pantai Timang. Meskipun sangat beresiko, namun sensasi unik dan bahaya yang dirasakan membuat ada saja wisatawan yang ingin mencobanya. Untuk mencoba kereta gantung tradisional ini, Anda bisa mengeluarkan uang Rp. 100 ribu.

Pantai Kukup

pantai-kukup

Pantai yang satu ini sangat unik di antara deretan pantai di Gunung Kidul. Anda bisa melihat keindahan aneka ragam jenis ikan hias di dalam jernihnya air laut. Dan yang paling menarik adalah terdapat pulau kecil yang bernama Pulau Jumino. Untuk menuju pulau ini, Anda cukup berjalan diatas jembatan dibangun khusus untuk menyebrang ke Pulau Jumino, dimana terdapat pendopo diatasnya, yang bisa digunakan para wisatawan untuk melihat luasnya Samudra Hindia, sambil menikmati angin pantai yang sejuk.
Jadi bila saat ini Anda berencana untuk berkunjung ke Daerah Istimewa Jogja, jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi wisata pantai Jogja.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.