Wisata Air di Pulau Bangka Belitung

Pulau Bangka Belitung sangat menarik. Mengapa? Karena kepulauan Bangka Belitung adalah kepulauan yang memiliki sekitar 470 pulau, tetapi hanya ada sekitar lima puluh pulau saja yang ada penghuninya. Bangka-Belitung adalah provinsi yang tergabung dari dua pulau, yaitu Bangka dan Belitung. Bangka-Belitung sebelumnya tergabung ke Sumatera Selatan. Selain Anda bisa mengunjungi kota-kota disana untuk melihat-lihat keindahan dan keunikan suasana kota, serta tentu saja untuk wisata kuliner dan berburu pernik-pernik khasnya, disana juga terdapat banyak pantai yang menyenangkan beserta pulau-pulau favorit untuk dikunjungi bagi si penyuka wisata air.

Pantai-pantai dan pulau-pulau bagi si penyuka wisata air.

Bila Anda ingin mengunjungi Bangka Belitung, tidak ada salahnya Anda mengunjungi pulau-pulau dan pantai-pantai yang sangat indah seperti berikut ini:

 

  1. Pulau Memperak

Pulau ini terletak di kabupaten Belitung Timur. Pulau ini memiliki air laut yang berwarna biru kehijauan. Sayang sekali belum banyak wisatawan yang tahu tentang hal ini. Itulah mengapa pulau ini termasuk sepi, hanya ada penjaga pulau yang juga tinggal disana. Pulau Memperak sesungguhnya merupakan salah satu tempat snorkeling yang sangat indah karena memiliki pemandangan alam laut yang juga sangat indah. Bila Anda kesana, Anda tidak boleh melewatkan keindahan alam bawah laut ini. Bagian dari pulau Memperak yang terbaik untuk melakukan snorkeling yaitu di daerah utara, timur, dan barat, karena disitu terdapat tempat yang sangat menarik untuk melihat keindahan terumbu karang dan makhluk hidup bawah laut yang beragam. Bila Anda melakukan snorkeling, pastikan Anda memakai alas kaki karena ada bulu babi yang sangat tajam yang bisa melukai kaki Anda. Tentu kita tahu, bahwa bulu babi sangat berbahaya. Karena sepinya pulau ini, pastikan Anda membawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup. Juga obat-obatan dan benda-benda penting lainnya.

  1. Pulau Lengkuas. Pulau ini tepatnya terdapat di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Lautnya berwarna biru jernih yang sangat memikat. Pulau ini memiliki mercusuar tua setinggi 50 meter tetapi masih aktif yang membuat Pulau Lengkuas menjadi sangat khas. Anda bisa masuk dan berusaha untuk mencapai puncak mercusuar. Tetapi Anda tidak usah sedih bila hal ini sangat melelahkan karena bila Anda tidak bisa mencapai puncaknya, di setiap lantainya terdapat jendela yang menghadap ke berbagai arah, sehingga Anda bisa melihat pemandangan yang amat indah.
  2. Pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini kira-kira 27 kilometer dari Kota Tanjung Pandan Belitung. Pantai ini sangat terkenal di kalangan turis domestik dan internasional karena ada acara Sail Indonesia. Acara Sail Indonesia ini secara rutin diadakan. Bila saatnya tiba, beratus-ratus perahu yacht akan datang ke Pantai Tanjung Kelayang dari seluruh dunia. Selain acara Sail Indonesia, formasi batu granit yang membentuk kepala burung dan pasir putih yang bersih sejauh mata memandang adalah pesona dari pulau ini. Sehingga sejak dulu kala tempat ini menjadi tempat favorit untuk dikunjungi masyarakat Belitung. Sekarang- sekarang ini, di Pantai Tanjung Kelayang sering diadakan berbagai acara kemaritiman besar yang bertaraf internasional, seperti Sail Wakatobi-Belitung.
  3. Pantai Tanjung Pesona. Pantai ini terdapat di Desa Rambak, Jalan Pantai Rebo Kota Sungailiat, Bangka Belitung. Hanya 15 menit dari Kota Sungailiat dan sekitar 45 menit dari Pangkalpinang. Pantai ini adalah pantai favorit keluarga di Bangka terutama yang memiliki anak-anak kecil karena memiliki wahana-wahana yang sangat menyenangkan mereka. Untuk orang dewasa, ada berbagai permainan olahraga air seperti Jetski, banana boat, dan kano. Berenang dan memancing disini juga sangat menyenangkan. Anda bisa menyewa speedboat bila Anda ingin memancing ke tengah laut.

Bagi Anda yang sangat sibuk tetapi ingin menikmati wisata air di Bangka-Belitung dengan mudah, Anda bisa mendaftar di agency tour and travel yang akan mengurus Anda mulai dari kendaraan, akomodasi, dan aktifitas untuk dilakukan disana. Hanya dengan menelepon, Anda bisa menikmati wisata air di Pulau Bangka Belitung.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.