Sambutan Meriah untuk Wisatawan dengan Tari Sanggu Alu Wahemokel, Flores

Berada cukup jauh dari pusat ekonomi Indonesia, beberapa wilayah yang berada di bagian paling timur memang memiliki beberapa kesenjangan jika dibandingkan dengan Jawa. Baik itu masalah ekonomi maupun pendidikan. Namun jangan salah karena meskipun kurang unggul pada 2 sektor tersebut nyatanya mereka masih tawarkan beberapa keuntungan lainnya, yaitu budaya tetap asli tanpa tersentuh oleh masyarakat luar. Hal ini membuat wilayah – wilayah tersebut memiliki nilai – nilai yang masih sangat kental di dalamnya. Bahkan jika ingin berwisata dengan berkunjung ke beberapa kawasannya yang ada disana, pemandangan nya pun masih asli.

Salah satu contohnya adalah Flores, daerah yang berasa di Nusa Tenggara Timur ini memang bisa dikatakan cukup terpencil. Namun jangan salah karena masalah pariwisata pulau ini tak kalah maju dengan Bali. Sebagian diantara Anda mungkin kurang percaya, namun bagaimana jika mencoba secara langsung berkunjung kesini pada saat waktu senggang. Kawasan yang berada di NTT umumnya tawarkan obyek wisata alam berupa pantai yang indah dan tak terkecuali dengan daerah ini, kamu pasti akan terpesona jika melihatnya secara langsung.

Tak hanya itu, meskipun identik dengan cuacanya yang cukup panas namun jika Anda hobi dengan dunia fotografi akan mendapatkan hasil yang berbeda jika menjepret gambar yang ada disini. Pulau ini memang memiliki warna yang photogenic, sangat kaya unsur seni. Beberapa waktu yang lalu salah satu sekolah menengah pertama yang ada disini mengadakan sebuah atraksi yaitu Menari Sangguh Alu. Tarian khas dari masyarakat daerah tersebut. Tarian yang satu ini memang cukup unik, karena kamu diharuskan untuk melewati bambu-bambu yang dipegang dengan beberapa hentakan berirama. Bagi yang belum pernah melihatnya mungkin tak menganggap ini sebuah tarian, melainkan permainan daerah.

Inilah salah satu ragam dari Indonesia, selalu saja ada kesenian yang membuat penontonnya menjadi terkesima. Perlu diketahui bahwa tarian yang satu ini memang asli dari Flores dan sudah turun – temurun dari leluhur mereka. Umumnya banyak dijadikan sebagai permainan anak-anak. Namun dalam perkembangannya memang banyak yang sudah mulai meninggalkan kesenian daerah tersebut, sehingga beragam upaya dilakukan agar tetap bisa membuat sangguh alu tetap eksis dan tak tergerus zaman, nah apakah Anda juga tertarik untuk ikut belajar?

Sama halnya dengan Lembaga Pendidikan yang lainnya, untuk taraf sekolah menengah pertama pasti masih diberlakukan adalah mata pelajaran tentang daerah, baik itu budaya atau mempelajari kesenian daerahnya. Nah di SMPK Wahemokel ini juga sama, salah satu yang wajib untuk dipelajari oleh anak didiknya adalah tarian tersebut sebagian bentuk untuk melestarikan budaya daerah agar tak sampai hilang. Dalam rangka menunjukkan hasil belajarnya nanti selalu diadakan pentas seni, pertunjukan menari, semua anak didiknya patut untuk menunjukkan hasil belajar mereka selama ini. Hal tersebut jugalah yang membuat lembaga pendidikan ini cukup dikenal.

Bahkan ajang tari tersebut tak sekedar di apresiasi oleh warga sekolah saja, melainkan juga orang tua muridnya. Banyak ajang – ajang menari daerah yang sudah mereka ikuti dan turut membawakan piala kemenangan pula. Tarian khas ini juga dijadikan sebagai salah satu seni penyambutan bagi wisatawan yang datang berkunjung, baik itu lokal maupun mancanegara, diantaranya bahkan mengaku tertarik untuk ikut belajar. Nah kamu yang sudah jauh-jauh datang kesana tak ada salahnya juga ikut mempelajari, ini adalah warisan budaya yang patut untuk dilestarikan, salah satu bentuknya adalah sebagai anak bangsa jangan begitu saja melupakan, sekedar tau saja belum cukup untuk ikut serta melestarikannya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.