Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Kamu Ingin Menyeberang ke Pulau Lombok dari Pulau Bali

Jika kamu sudah terlalu sering berlibur ke Pulau Dewata Bali dan ada rencana ingin berlibur ke Pulau Lombok maka hal tersebut bisa kamu lakukan dengan menyebrang ke Pulau Lombok menggunakan Kapal Ferry. Perjalanan dengan menggunakan kapal ferry dari Pulau Bali menuju Pulau Lombok membutuhkan waktu sekitar 4 jam hingga 6 jam. Penyeberangan dengan menggunakan kapal ferry bisa kamu lakukan dari Pelabuhan Padang Bai di Bali menuju Pelabuhan Lembar di Lombok. Jarak tempuhnya sekitar 38 mil laut dengan melewati Selat Lombok. Jika kamu ingin menyeberang maka ada baiknya perhatikan hal – hal berikut ini :

– Transportasi menuju Padang Bai
Salah satu yang menjadi kendala travelling di Pulau Dewata adalah transportasi umum, karena disana kamu harus menyewa mobil atau motor untuk menuju Pelabuhan Padang Bai. Namun jika kamu menggunakan transportasi umum harus cermat mencarinya misalnya saja mini bus yang bisa kamu temukan di Terminal Ubung (Denpasar) dan shuttle bus yang bisa kamu temukan di beberapa titik di Pulau Bali. Kalau kamu naik mini bus dari Terminal Ubung maka kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 40 ribu hingga Rp. 60 ribu per orangnya untuk sampai ke Pelabuhan Padang Bai. Nah, jika kamu ingin menggunakan shuttle bus bisa datang ke Perama dan berangkat dari Kuta, Ubud, Sanur dan Lovina. Untuk harga nya dikenakan Rp. 60 ribu per orangnya. Jam keberangkatan shuttle bus ini dimulai dari pukul 06.00, 10.00, 13.30, hingga 16.30 WITA.

– Kapal Ferry
Kapal Ferry yang menghubungkan dua pelabuhan tersebut biasanya beroperasi selama 24 jam dan berangkat setiap satu jam sekali dengan harga tiket yang sama. Tiket dibanderol mulai dari Rp. 29 ribu untuk anak – anak, Rp. 44 ribu untuk pejalan kaki, Rp. 123 ribu untuk yang membawa motor, dan Rp. 790 ribu untuk mobil dengan kapasitas berapa pun jumlah orang yang ada di dalam mobil tersebut. Kapal ferry yang beroperasi dari Pulau Bali menuju Pulau Lombok tergolong tidak terlalu besar. Seperti pada umumnya yang terdiri dari 3 dek yang dimana untuk parkir mobil yang terletak di paling bawah, dek penumpang satu lantai diatasnya, kemudian ruangan nahkoda dan dek luar di lantai paling atas. Fasilitas yang disediakan di dalam kapal ferry tersebut pun terbilang cukup lengkap seperti tempat duduk indoor lengkap dengan televisi, tempat duduk outdoor, kamar mandi dan mushola, serta kantin dan warung.

– Ombak di Selat Lombok Seringkali Besar
Jika kamu mabuk ketika naik kendaraan ada baiknya membawa obat antii mabuk untuk jaga – jaga atau mengisi perut sebelum berangkat.  Keempat adalah transportasi dari Pelabuhan Lembar. Tersedia angkutan umum menuju Terminal Mandalika (Mataram) dengan harga Rp 15 ribu – 20 ribu per orang. Jika ingin langsung menuju Senggigi, traveler harus melanjutkan perjalanan dari Terminal Mandalika ke Terminal Ampenan (Rp 5.000) kemudian lanjut ke Senggigi (Rp 5.000).

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.