Mengintip Pesona Alam Pantai Tikus di Bangka

Nama Bangka tentunya sudah tak begitu asing lagi bagi Anda, namun kebanyakan tak tau bahwa kawasan yang satu ini ternyata juga menyimpan sejuta pesona wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Kamu yang masih juga bingung ingin menghabiskan waktu liburan ke mana, tak perlu khawatir kawasan wisata pantai yang ada disini bisa dijadikan sebagai pilihan tetap untuk Anda. Indonesia memang terkenal akan keindahan alamnya, diantaranya adalah pantai yang tersebar hampir di setiap daerah mengingat negara ini sendiri merupakan sebuah kepulauan.

Dengan kenyataan tersebut sebenarnya kamu bisa menjumpai ratusan nama pantai nan unik, dan beberapa diantaranya adalah nama pantai seperti binatang, seperti pantai watu ulo yang ada di Jember, maka di Bangka ini ada sebuah pantai dengan nama tikus, sangat unik bukan, mengapa harus nama hewan pengerat ini dari sekian banyak nama hewan yang lainnya. padahal banyak yang cukup jijik dengan hewan bernama tikus, meskipun namanya tikus, namun jangan khawatir karena pantai ini sangat indah dan tak ada tikus di dalamnya.

Asal usul nama pantai tikus

Konon katanya nama tikus ini sendiri berasal dari banyaknya jalan-jalan setapak atau jalan kecil (jalan tikus) yang ada di daerah sekitarnya. Dulunya kawasan yang ada di sekitar pantai ini merupakan sebuah lokasi penambangan timah, sehingga banyak diantara bekas penambangannya yang dijadikan sebagai salah satu akses untuk menuju ke obyek wisata tersebut, inilah mengapa warga sekitar mulai menjulukinya sebagai pantai tikus.

Akses ke pantai pasir tikus

Bagi kamu yang ingin bertandang ke pantai dengan pasir putih dan hamparan air laut nan biru tersebut sebenarnya tak terlalu sulit, mengingat perjalanan kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja dari Pangkal Pinang. Jika kamu ingin bertandang kesini maka sangat disarankan untuk datang pada saat sore hari, mengingat pemandangan paling indah memang hanya di saat matahari tenggelam atau sunset, keindahannya akan berpadu dengan hamparan ombak kecil san juga angin yang menerpa, namun juga menjadi saat dimana kawasan tersebut akan penuh dengan wisatawan apalagi jika kamu datang di saat liburan panjang.

Memiliki banyak batu granit

Selain terkenal akan kelembutan pasir pantai putih ini ternyata juga ada satu lagi pemandangan yang akan memanjakan Anda, yaitu jajaran batu granit nan elok. Kecantikan dari pantai tikus ini memang terletak pada bebatuan granit dengan berbagai ukuran tersebut, nampak seperti sungai berbatu, namun merupakan sebuah pantai.

Ada kuil yang juga bisa kamu kunjungi

Selain wisata alam sebenarnya kamu juga bisa menikmati wisata religi yang ada disini, yaitu bertandang ke sebuah kuil bi umat Buddha dan juga Konghucu, kamu bisa ikut sembahyang sambil menyaksikan keindahan arsitektur tempat ibadah tersebut, lokasinya tak terlalu jauh dari pantai tikus . Di sekitar kawasan ini nantinya kamu akan melihat jajaran rumah makan seafood yang cukup menggugah selera, jadi yang sudah merasa lapar singgah sebentar untuk mengisi perut Anda dengan berbagai hidangan yang menggugah selera.

Mampir juga ke beberapa pantai terdekat

Setidaknya ada beberapa buah pantai yang mengapit pantai tikus ini, masalah keindahan tak kalah, ia juga menyuguhkan pemandangan alam berupa pasir putih dengan laut biru ditambah lagi jajaran batu granit. Jadi sekalian menghabiskan waktu Anda selama berada disini kunjungi semua obyek wisata terkenalnya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.