Surga Bawah Laut di Pantai Selatan Gunung Kidul

Pantai memang menjadi daya tarik utama dari wisata yang ada di Indonesia, mulai dari bagian paling barat, timur, utara hingga selatan pulau ini memang dikelilingi oleh lautan. Tentunya banyak diantara Anda yang sudah pernah mengunjungi salah satu pantai yang ada di kawasan tersebut, mulai dari yang memiliki pasir berwarna putih hingga pasir hitamnya. Lalu manakah yang tak pernah bisa dilupakan? Pada kenyataannya wisata pantai memang hanya bisa dilihat dari mata saja, hamparan ombak ditambah dengan pasir putih yang ada di sana.

Sama halnya dengan salah satu pulau yang terkenal akan keindahan alamnya yaitu Bali, nama yang tentunya buka sesuatu yang asing lagi bagi Anda, Bali tawarkan sejuta keindahan utamanya adalah bagian pantai. Hanya saja jika berkunjung ke Indonesia jangan hanya Bali yang dijadikan sebagai tujuan utama wisata, karena pada dasarnya masih ada banyak lagi obyek wisata pantai lain yang menarik untuk dijelajahi, salah satunya adalah pantai yang berada di Gunung Kidul.

Eits jangan buru-buru merinding dulu mendengar nama yang satu ini, meskipun cukup mistis dengan cerita yang melegenda di kalangan masyarakat. Pada kenyataannya wisata Gunung Kidul sangatlah banyak dan tawarkan hal-hal baru bagi Anda. Pantai selatan, siapa yang tak mengenal nama lautan yang satu ini, lebih dikenal sebagai samudera hindia. Beberapa mengidentikkannya sebagai lautan yang paling ganas, dengan ombak yang sangat tinggi dan selalu membawa korban di setiap tahun. Hampir semua kawasan pantai yang ada di bagian selatan pulau Jawa tergolong sebagai samudera hindia, sehingga aktivitas seperti menangkap ikan sendiri juga cukup sepi.

Namun dari segi keindahan bawah laut nampaknya boleh dijajal, lihat saja Bali, pantai yang ada disana umumnya adalah laut yang berasal dari Samudera Hindia, ombaknya memang cukup kuat namun indah, beberapa orang juga memanfaatkannya sebagai lokasi untuk surfing, namun tak semuanya juga tawarkan surga di bawah laut. Jika Anda hobby untuk diving maka sekali-kali sempatkan diri berkunjung ke sebuah pantai yang ada di Gunung Kidul, tepatnya adalah di desa Purwoda di kecamatan Tepus.

Namanya adalah pantai nglambor, ini adalah sebuah tempat wisata yang tak hanya indah di bagian permukaannya saja, melainkan juga yang ada di dalamnya. Pasir pantai yang ada disini memang bukan putih, melainkan hitam kecoklatan, begitu juga dengan warna air yang biru cenderung kehijauan, di temani ganasnya ombak dari Samudera Hindia selanjutnya Anda bisa melihat lebih dalam mengenai keindahan bawah laut yang ada di pantai ini.

Spot snorkeling tersebut memang baru-baru saja ditemukan, yaitu pada tahun 2014 lalu, tak heran jika belum banyak yang mengetahuinya. Umumnya wisatawan hanya sekedar datang untuk melihat keindahan laut dari permukaan tanpa tau ada surga tersembunyi yang ada di dalamnya. Tak terlalu jauh dari kawasan pantai Anda hanya perlu menggunakan perahu selama beberapa menit untuk menyelami spot diving tersebut, sebaiknya bawa pakaian selam dari rumah.

Di spot tersebut ada jajaran terumbu karang besar nan indah yang dapat Anda jumpai dengan barusan ikan warna-warni yang tengah berenang bebas, untuk bisa snorkeling disini wisatawan hanya membayar tarif senilai 50 ribu rupiah saja, sangat terjangkau bukan, bagi Anda yang ingin menyaksikan terumbu karang secara lebih banyak maka sebaiknya datang di musim kemarau saja, karena beberapa spesies baru akan muncul disini.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.