5 Desa Wisata Kabupaten Bojonegoro, Tawarkan Aktivitas Tambang Hingga Berkemah

Bojonegoro, siapa yang tak kenal salah satu daerah yang ada di Jawa Timur ini, kawasan tersebut tak hanya dikenal dengan hasil alamnya berupa tambang yang sangat melimpah, melainkan juga penuh dengan wisata, tentunya masih seputar budaya yang ada di dalamnya. Sekali-kali saat Anda lewat tak ada salahnya untuk mampir kesini dan menikmati beberapa obyek yang menjadi daya tarik, seperti diantaranya adalah khayangan api, nama ini mungkin masih asing bagi Anda, ia adalah sebuah lokasi wisata alam yang cukup menakjubkan.

Ada sebuah api yang tak pernah bisa padam disini, bahkan nyalanya hingga mahal hari dan dapat menerangi perkampungan sekitar, dari jarak 50 km nyala dari api tersebut masih bisa dilihat. Tentunya bukan sesuatu yang asing mengingat kandungan minyak bumi yang ada di Bojonegoro sangat tinggi, dibandingkan dengan daerah-daerah yang ada di sekitarnya seperti Lamongan, Tuban maupun Gresik Bojonegoro sendiri termasuk dalam kawasan yang terkaya. Hasil pembangunan daerah ini sendiri didapatkan dengan pengelolaan tambah tersebut, yaitu di kawasan Cepu.

Namun juga bukan hanya wisata khayangan api ini saja, nyatanya Bojonegoro juga memiliki daya tarik lain bagi wisatawan untuk berkunjung ke sebuah desa wisata, dimanakah itu, ia terbagi atas 5 kawasan yaitu desa Bji, Kawengan, Hargo Mulyo, Wonocolo dan Kadewan, lalu apa yang ditawarkan oleh 5 desa tersebut, tentunya ada sesuatu yang pastinya akan memberikan pengalaman baru bagi Anda. Kebanyakan kawasan wisata yang ada disini adalah ngetrail atau balapan.

Mereka menyuguhkan sebuah area dengan bebatuan dan juga tanah kering untuk Anda yang hobby dalam berkendara sepeda motor, maka tak ada salahnya mencoba lintasan yang ada disini. Menegangkan dan pastinya seru. Untuk motor sendiri Anda harus membawanya secara langsung dari rumah. Sebaiknya bagi yang ingin menjajal arena balap yang ada disini jangan datang ketika musim penghujan, karena kawasan akan becek. Sebaliknya datang saja pada musim kemarau agar Anda merasakan secara langsung sensasi bersepeda off-road di tanah yang tandus.

Lalu selain area untuk balap motor sendiri masih ada beberapa wisata alam yang ditawarkan, salah satunya adalah wisata agrowisata. Jangan salah meskipun kawasan Bojonegoro sangat jauh dari keadaan dingin atau berir, apalagi pada saat musim kemarau yang sangat panas, namun pada dasarnya mereka memiliki tanah yang sangat subur, diantara untuk bercocok tanam beberapa jenis buah yang ada. wisata menarik ini memungkinkan Anda untuk berkebun beberapa jenis tanaman, diantaranya adalah jahe merah, dan juga kelengkeng.

Tak ketinggalan juga sebuah tempat wisata edukasi bagi anak-anak, yaitu dengan berkemah atau camping bersama dengan keluarga, membiasakan mereka dengan lingkungan bebas. Wisata camping ini berada di desa yang masih asri, membiasakan mereka dengan kehidupan pedesaan yang masih sangat sederhana. Lalu untuk Anda sendiri yang hobby mengujungi arena permainan di Bojonegoro juga ada kolam renang. Kawasan wisata keluarga yang sangat cocok dikunjungi pada saat musim kemarau panjang datang.

Pulang dari Bojonegiri jangan lupa juga membawa oleh-oleh khas dari daerah tersebut, ada banyak mulai dari souvenir, hingga makanan. umumnya cindera mata yang terkenal disini adalah rajutan tas jinjing dan juga gantungan kunci dengan botol kecil yang diisi dengan minyak mentah, apalagi keberadaan minyak disini memang sangat berlimpah.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.