Menghabiskan Libur Akhir Pekan di Pantai Pasir Hitam Baron, Gunung Kidul

Yogyakarta ternyata tak hanya dikenal dengan obyek wisata sejarah dan budayanya saja, ia juga menawarkan suguhan keindahan alam yang wajib untuk dikunjungi, hal ini bisa ditemukan dengan mudah di kawasan Gunung Kidul. Mungkin banyak diantara Anda yang merasa agak ngeri setelah mendengar nama tempat yang satu ini, mengingat Gunung Kidul memang terkenal dengan beragam mistis yang ada di dalamnya. Namun jangan buru-buru buruk sangka, karena ia tawarkan destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Gunung Kidul pada umumnya terbagi atas beberapa destinasi yang menarik untuk dikunjungi, hanya saja jika sebagian pantai tawarkan keindahan alam berupa pasir putih yang membingkai birunya laut, maka disini Anda akan temukan hal yang berbeda. Yaitu warna pasir hitam. Namun jangan buru-buru pergi, datang dulu mendekat untuk melihat secara langsung obyek wisata alam nan elok yang satu ini, tepatnya adalah berada di Pantai Baron Gunung Kidul, wisata yang menjadi daya tarik untuk masyarakat Yogyakarta selain dengan berkunjung ke pantai Parangtritis.

Setidaknya ada berbagai perbedaan mendasar yang dapat Anda jumpai di kedua pantai ini, diantaranya adalah kondisi lautnya. Saat kamu mengunjungi Parangtritis tentunya saat-saat bermain air kurang begitu leluasa, mengingat ombak yang ada disana bergulung dengan sangat tinggi, bagi orang tua yang membawa buah hati harus selalu memantau keadaan anak mereka, namun tidak dengan pantai yang satu ini, meskipun termasuk sebagai kawasan pesisir Samudera Hindia, namun ombak yang ada terbilang sangat bersahabat, bukan hal yang mengherankan jika Anda bisa dengan leluasa membiarkan buah hati bermain di sepanjang pantai. Ia adalah alternatif wisata menyenangkan untuk keluarkan di akhir pekan. Anda akan menemukan banyak anak kecil yang bermain air di sepanjang pantai.

Kawasan pantai Baron ini selain memiliki ombak yang cukup aman, pasir hitam nan halus juga tawarkan pemandangan alam sangat menarik, tak hanya dengan hamparan warna biru laut saja, melainkan juga hijau dari pepohonan yang ada di sekitarnya, tepatnya memang ada di kaki gunung, sehingga agak berbeda dengan panti pada umumnya yang memberikan kesan panas, karena ia memiliki banyak pepohonan yang bisa dijadikan sebagai tempat berteduh. Datang di siang hari bukan masalah, tak perlu takut akan terbakar sengatan matahari karena memang Anda bisa piknik di bawah pohon bersama keluarga.

Tinggal pilih saja ingin menyantap makanan yang sudah jauh-jauh dibawa dari rumah atau dengan membeli hidangan yang ditawarkan di sepanjang pantai. Banyak warung-warung kecil dengan sajian kuliner menarik mereka, makanan khas Yogyakarta atau juga olahan seafood. Satu yang tak boleh Anda lupakan saat berkunjung kesini adalah dengan mencoba es dengan, wisata pantai di Indonesia nampaknya memang kurang lezat tanpa menyantap minuman segar ini.

Bagaimana dengan tarif masuknya, harga yang ditawarkan untuk menghabiskan akhir pekan Anda disini sangat terjangkau, cukup 5 ribu rupiah saja untuk uang parkir mobil pribadi, 2 ribu bagi pengendara motor dan 10 ribu untuk bus. Sangat terjangkau bukan. Pulang dari obyek wisata tersebut Anda sendiri tak nyaris dengan tangan kosong, bawalah beberapa souvenir khas, diantaranya adalah aneka hiasan yang terbuat dari cangkang kerang, cantik-cantik dan bisa dijadikan sebagai biasan di dalam rumah, tawaran harga juga bervariatif, namun pastinya sangat murah, hanya berjarak 40 kilometer jika Anda ingin mengunjungi kota Yogyakarta.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.