Menikmati Satu Hari Kunjungan ke Desa Adat Sentajo

Selama ini mungkin Anda sendiri bosan dengan mendatangi obyek wisata yang kebanyakan hanya tawarkan keindahan alamnya saja, sekali-kali cari tema berbeda untuk liburan Anda, tak harus dengan pantai, gunung atau juga kuliner, melainkan budaya. Apa sih di Indonesia ini yang tak dimiliki, termasuk dalam negara yang kaya akan berbagai budaya, beda suku, bahasa dan tentunya ada hal unik yang bisa didapatkan disini, salah satunya adalah seni. Selain dijadikan sebagai hiburan mengunjungi sebuah tempat wisata budaya juga menambah nilai edukasi bagi Anda.

Pekanbaru, salah satu daerah yang ada di Riau, apa yang selama ini terlintas di kepala Anda terkait dengan daerah tersebut, mungkin jarang sekali yang menengok wisata budaya yang ditawarkan disini, karena kebanyakan memang hanya senang dengan obyek wisata alam, khususnya maritim yang ada disini. Namun satu hal yang juga tak boleh Anda lupakan adalah dengan mendatangi kawasan pemukiman dari warga, tepatnya adalah di daerah Kuangsing, ini merupakan wisata adat dari masyarakat di Sentajo, Anda akan disuguhkan oleh rumah besar nan tinggi yang terbuat dari kayu asli.

Ini adalah rumah adat dari masyarakat yang ada disini, bangunannya masih kokoh dengan tambahan cat warna-warni. Sangat khas dari masyarakat zaman dahulu, apalagi jika Anda melihat dari desainnya. Bangunan tersebut disangga dengan kayu-kayu kokoh yang ukurannya cukup tinggi, nampak seperti rumah panggung. Memang bukan hal yang mustahil jika kebanyakan warna sekilas memang masih mengaplikasikan konsep rumah ini, mengingat banyak diantara binatang liar yang masih hidup di kawasan tersebut, demi keamanan rumah panggung masih digunakan.

Di sampingan rumah yang satu ini ada sebuah garasi pacu yang didalamnya disini dengan kuda-kuda, inilah daya tarik dari kawasan ini, karena memang kebanyakan diantara masyarakatnya masih menggunakan kuda sebagai sarana transportasi. Ada beberapa kuda yang siap mengantar Anda untuk berkeliling desa. Tak kalah dengan hal tersebut ada satu lagi keunikan yang wajib untuk Anda tengok yaitu sambutan menarik dengan suguhan tari khas daerah. Hanya saja konsep dari tari tradisional yang satu ini juga agak unik dibandingkan dengan tari-tari lainnya.

Jika biasanya pengunjung diberikan liukan lemah gemulai dari para penari maka disini tidak, Anda justru akan disajikan sebuah atraksi antara tali dengan silat, dua orang akan memamerkan keunggulan mereka di hadapan penonton, memakai kain adat yang khas diiringi dengan tabuhan gamelan atau musik tradisional ia akan menemani beberapa menit waktu Anda selama berada disini. Kebiasaan dari masyarakat di kawasan ini memang dengan memberikan sambutan terbaik pada tamu mereka, sehingga bukan hal yang mengherankan jika sekali ada yang datang maka ratusan masyarakat akan langsung memadati rumah singgah.

Rumah singgah dengan konsep rumah panggung tersebut bisa memuat banyak orang, meskipun terlihat lawas, namun ternyata sangat kokoh. Didalamnya nanti Anda akan langsung menemukan dekorasi unik, jauh dari konser rumah modern. Selesai penyambutan akan langsung dilanjutkan dengan makan-makan. Sajian kuliner khas ini tentunya patut untuk Anda rasakan. Banyak hal baru yang dapat ditemukan selama berada disini, agar Anda tak melupakannya bawa kamera untuk mengabadikan moment sebanyak-banyaknya. Satu hal yang harus diingat karena memang Anda akan menyambangi budaya lokal maka sebaiknya kenakan busana yang sopan. Kawasan ini masih terlalu jauh dikatakan terkena dampak dari globalisasi budaya luar negeri.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.