Pantai Air Manis dan Legenda Malin Kundang

Pantai Air Manis ini banyak dibicarakan oleh wisatawan asing maupun lokal,  pantai ini berlokasi di Padang. Bukan hanya terkenal dengan keindahannya, jalan menuju ke Pantai Air Manis ini pun melewati bukit dengan tanjakan yg tinggi dan curam. Sehingga banyak yg bilang tak mudah untuk ke Pantai Air Manis di Padang ini. Pantai Air Manis ini memiliki panorama pantai yang menarik dengan gulungan ombak yang cenderung tenang dan lembut di bibir pantai, membuat suasana menjadi nyaman dan tentram.

Bukan hanya itu, jika air laut dalam kondisi surut, para wisatawan bisa berjalan santai di sekitar bibir pantai yang  luas dan melihat pemandangan yang indah terhampar sangat jelas di depan mata. Pasir di Pantai Air Manispun memiliki warna yang coklat-keputihan yang terhampar luas dan landai disepanjang pantai. Oleh karena itu pantai ini menjadi pilihan untuk berpiknik bersama keluarga, bermain dengan gulungan ombak, surfing dan bahkan berkemah atau camping. Pantai air anis ini masuk dalam wilayah kecamatan bernama Padang selatan. Bisa ditempuh lewat perjalanan lewat darat sekitar setengah jam lamanya dari pusat kota.

Legenda Batu Malin Kundang

Banyak masyarakat yang bilang bahwa Pantai Air Manis ini terkait erat dengan cerita legenda Maling Kundang di Sumatra Barat. Malin kundang ini adalah  sebuah karakter dongeng yang dikutuk oleh ibunya menjadi batu setelah durhaka dan tidak mengakui  ibunya. Bukan hanya itu, ditepi Pantai Air Manis terdapat Batu yang konon merupakan batu dari kutukan sang Ibu terhadap Malin Kundang bersama kapalnya. Kapal itu juga medapat kutukan untuk berubah menjadi batu.

Ada sebuah pulau yang berjarak tidak terlalu jauh dari pantai tak jarak  menarik perhatian para wisatawan untuk mengunjungi pulau tersebut. Pulau ini lebih dikenal dengan sebutan pulau Pisang Kecil. Karena kondisi pulau yang  terlihat seolah-olah terdapat dua buah pulau, padahal pulau tersebut merupakan gabungan dua buah pulau yang kini bergabung menjadi satu pulau. Apabila para wisatawan berkunjung ke pulau tersebut, maka para wisatawan akan menemukan monyet yang cukup banyak sedang  berkeliaran. Meski monye-monyet tersebut merupakan hewan liar,  para wisatawan tidak perlu  merasa khawatir karena monyet yang ada di pulau tersebut tidak akan membuat para wisatawan merasa terganggu.

Pantai Air Manis ini kalo sore atau petang hari air laut pasang dan mulai naik, semua pengunjung harus naik perahu agar dapat kembali. Disebelah kanannya, ada pulau lain yang disebut dengan Pisang Besar. Dan penduduk lokal dipulau ini sebagian besar memiliki mata pencaharian sebagai petani atau nelayan.

Fasilitas di Pantai Air Manis

Para wisatawan jangan khawatir untuk menginap ataupun bermalam di Pantai Air Manis ini, karena akomudasi dan fasilitas di sekitar Pantai Air Manis Padang ini  telah tersedia fasilitas penginapan dan kebanyakan penginapan yang berada di sekitar pantai dikelola oleh warga setempat, dan para wisatawanpun  jangan khawatir mengenai harga dari penginapan itu. Sehingga harga sewa penginapannya tidak begitu mahal.

Begitu juga tempat makan disepanjang pantai terdapat warung yang menyediakan aneka macam makanan dan bisa jadi salah satu pilihan untuk makan dengan keluarga dan partner kerja anda. Dan para wisatawan gak harus khawatir mengenai kendaraan. Karena di tempat wisata ini ada tempat parkir yang luas untuk kendaraan para wisatawan disekitar pantai. Ada juga buah tangan kerajianan laut  yang bisa di bawa pulang oleh wisatawan sebagai oleh-oleh buat keluarga dirumah.

Dan di Pantai Air Manis ini tersedia juga jalan  dengan bentuk melingkari pantai yang bersih dan bagus dengan adanya payung pantai, serta dilengkapi dengan musholla  dan kamar mandi buat para wisatawan di Pantai Air Manis di Padang ini. Jadi semoga referensi ini bisa membantu para wisatawan yang akan berlibur di pantai yang terletak di Padang ini, Pantai Air Manis.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.