Informasi Singkat Lokasi Karimun Jawa

Lokasi Karimun Jawa terdapat di sebuah kecamatan yang ada di Jepara dari wilayah Jawa Tengah. Karimun Jawa itu sendiri dikenal sebagai bentuk kepulauan yang terdapat di tengah laut jawa. Dengan jarak sekitar 83 KM dari bagian utara kota Jepara. Kepualauan ini terdiri dari beberapa bentuk pulau kecil  dalam jumlah 27 pulau. Dari sekian banyak pulau tersebut 5 diantaranya adalah pulau berpenghuni. Potensi yang dimiliki oleh karimun jawa sebagai lokasi dari tempat wisata adalah keindahan alam bawah lautnya. Karena itulah lokasi yang satu ini ditetapkan sebagai salah satu taman nasional Indonesia pada tahun 2001 lalu.

Untuk penamaannya sendiri nama Karimun Jawa ini berasal dari kata kerimun dalam bahasa jawa yang artinya samar. Namun untuk jangka waktu yang lama, nama panggilan tersebut pun beralih menjadi Karimun Jawa. Tempat wisata ini memiliki banyak jenis karang laut yang diperkirakan melebihi angka 90. Sementara untuk jenis ikan dikatakan melebihi 240 jenis. Di beberapa pulau yang terdapat di lokasi Karimun Jawa itu Anda juga dapat menjumpai beberapa bentuk mangrove atau hutan pantai. Bahkan beberapa jenis biantang darat pun dapat Anda lihat, seperti halnya rusa, kera, burung, penyu dan juga beberapa jenis binatang lainnya.

Perencanaan lokasi wisata Karimun Jawa di masa depan

Sebagai tempat alami yang masih belum banyak disentuh oleh nilai-nilai modernitas, ternyata tempat wisata yang satu ini pun mulai memiliki perencanaan di masa depan. Ingin tau apa saja bentuk perencanaan kedepan dari lokasi tersebut? Berikut ini adalah uraian penjelasan singkatnya:

  • Pembangunan perkampungan adat jepara
  • Pembangunan dari kebun binatang
  • Pembangunan lokasi alun-alun yang lebih tertata rapi serta bersih
  • Pembangunan untuk sentra kuliner
  • Pembangunan fasilitas olahraga atau stadion mini
  • Penyediaan fasilitas menyelam untuk melihat keindahan terumbu karang
  • Peraturan untuk menggunakan pakaian adat pada hari-hari tertentu.
  • Pembangunan dari kabel listrik yang terdapat di bahwa laut
  • Pembangunan untuk kabel optik

Julukan untuk tempat wisata Karimun Jawa

Sebagai tempat wisata alam yang memiliki tingkat keindahan tinggi, utamanya untuk lokasi bawah laut, maka tempat yang satu ini pun dikenal dengan beberapa julukan. Seperti halnya sebagai pulau liburan, kemudian julukan sebagai paradise of java serta caribbean van java.

Cara untuk mencapai kepulauan karimun jawa

Bagi Anda yang ingin mengunjungi lokasi dari kepulauan Karimun Jawa tersebut, ada beberapa jalur yang bisa Anda gunakan, diantaranya adalah jalur laut serta jalur udara. Untuk jalur wisata yang paling umum digunakan para wisatawan adalah jalur laut. Ingin tau bagaimana cara untuk menempuh jalur laut tersebut? Berikut ini penjelasannya :

Jalur laut

Untuk mencapai lokasi tersebut ada 4 jenis kapal yang bisa Anda gunakan dalam waktu cukup cepat, kapal tersebut diantaranya adalah kapal motor cepat yang bernama kartini, kemudian kapal bahari express serta kapal motor yang digunakan oleh para penumpang bernama kapal muria. Jika Anda menggunakan kapa motor Kartini, maka perjalanan pun akan dilakukan selama 4 jam yang dimulai dari pelabuhan kartini itu tadi. Sementara untuk penggunaan kapal bahari express, biasanya perjalanan dilakukan sekitar 2 jam yang juga dimulai dari pulau kartini.

Perjalanan dengan kapal yang satu ini memang lebih cepat tentunya jika dibandingkan dengan perjalanan menggunakan kapal motor dari kartini. Namun untuk penggunaan kapal motor kartini itu sendiri biasanya membutuhkan waktu hingga 6 jam perjalanan. Mengapa demikian? Karena kondisi cuaca serta ombak juga turut berengaruh bagi perjalanan Anda, sehingga pelayaran pun dapat ditunda atau bahkan dibatalkan jika memang cuacanya tengah berada dalam kondisi yang buruk. Demikianlah jalur laut yang harus Anda tempuh untuk mencapai lokasi Karimun Jawa.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.