Tips Berwisata Ke Pulau Seribu Jakarta

Pulau Seribu Jakarta adalah salah satu tempat wisata bahari satu-satunya yang terdapat di Jakarta, sebuah kabupaten administrasi di DKI Jakarta. Pulau Seribu Jakarta merupakan perpaduan antara Pulau, Pantai dan Laut (gugusan kepulauan) yang terletak di Teluk Jakarta. Tidak seperti suasana di Jakarta yang penuh hiruk pikuk, kamacetan dan kebisingan, Pulau Seribu Jakarta memiliki suasana yang sangat nyaman dan jauh dari suasana hiruk pikuk kota Jakarta.

Pulau Seribu Jakarta terdiri dari 110 pulau dan 11 diantaranya digunakan sebagai hunian penduuduk, pulau-pulau lainnya digunakan untuk rekreasi, cagar budaya, cagar alam dan peruntukan lainnya. Luas Pulau Seribu Jakarta kurang lebih 108.000 ha yang terdiri dari gugusan kepulauan. Memiliki nama pulau seribu tidak lantas gugusan kepulauan tersebut berjumlah seribu. Jumlah pulau di kepulauan seribu hanya sekitar 342 pulau, termasuk dengan pulau-pulau pasir dan terumbu karang yang bervegetasi maupun tidak dengan kurang lebih berjumlah 156. Pulau Seribu Jakarta memiliki potensi yang cukup banyak termasuk untuk pengembangan perikanan, pertambangan serta yang paling utama adalah pariwisata.

Dalam perkembangannya menjadi tempat wisata, tentu kelestarian lingkungan serta keseimbangan ekologi perlu diperhatikan. Pemerintah dalam mengupayakan kelestarian lingkungan tersebut kemudian membagi gugusan Pulau Seribu Jakarta menjadi tiga zona, sebagai berikut :

  1. Zona pertama, zona ini digunakan sebagai zona eksploitasi SDA (sumber daya alam). Di zona ini, kekayaan alam di dalamnya dapat dipergunakan, diambil, difungsikan, dimanfaatkan sepenuhnya guna kepentingan industri. Misalnya, terumbu karang yang sudah mati, kemudian dimanfaatkan untuk ubin teraso atau lainnya untuk kepentingan industri.
  2. Zona kedua meliputi  beberapa pulau yang khusus disediakan atau difungsikan sebagai tujuan wisata alam seperti taman nasional.
  3. Zona ketiga, menjadi kawasan cagar alam yang dilindungi.

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Seribu Jakarta dapat menggunakan pilihan transportasi speedboat dari dermaga wisata Marina Ancol, lamanya waktu tempuh tergantung pada jarak pulau tujuan, kecepatan kapal yang digunakan dan keadaan cuaca. Kapal speedboat biasanya dimiliki atau bekerja sama dengan pemilik pulau resor, pemberangkatan kapal tersebut juga tergantung pada pulau resort tersebut. Selanjutnya wisatawan juga dapat menggunakan transportasi kapal dengan cara menyewanya. Menyewa kapal dapat menjadi alternatif pilihan transportasi Anda menuju berbagai tujuan pulau di Pulau Seribu Jakarta. Tersedia berbagai tipe kapal pesiar yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, seperti kapal transport, tebar/buang abu, memancing dan acara-acara lainnya. Untuk transportasi masyarakat umum biasanya menggunakan kapal feri yang dioperasikan oleh Pemerintah setempat, transportasi kapal feri tersebut bernama Kerapu, Transjakarta dan Lumb-lumba.

Bagi Anda para wisatawan khususnya yang belum pernah sama sekali mengunjung Pulau Seribu Jakarta, berikut beberapa tips wisata ke Pulau Seribu Jakarta :

–          Melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum berkunjung atau berwisata. Pastikan Anda melakukan reservasi tersebut pada agen yang terpercaya di Pulau Seribu Jakarta.

–          Usahakan datang ke dermaga Marina Ancol 30 menit sebelum jadwal pemberangkatan kapal, jangan biarkan tamu lain menunggu Anda, sehingga pastikan Anda.

–          Dalam perjalanan berwisata Anda tidak diperkenankan membawa binatang peliharaan.

–          Dilarang merokok di dalam kapal ataupun area kapal, sehingga pastikan Anda tidak merokok pada saat perjalanan.

–          Wisatawan diperbolehkan membawa bekal makanan sendiri dan pengolala resort memiliki hak untuk memberikan atau mengenakan corkage charger.

–          Yang terpenting adalah dilarang membuang sampah sembarangan terutama membuang sampah di laut. Jagalah kebersihan saat bekunjung ke Pulau Seribu Jakarta.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.