Pulau yang Wajib Dikunjungi Saat Berwisata di Kepulauan Seribu

Wisata kepulauan seribu terletak di sebelah utara Jakarta, tepatnya berhadapan dengan Teluk Jakarta. Wisata kepulauan seribu memiliki letak secara geografis pada 5°24´ – 5°45´ LS dan 106°25´ – 106°40´ BT dengan luas kurang lebih 108.000 ha.

Wisata kepulauan seribu dapat dikatakan memiliki keunikan tersendiri, karena letaknya yang berdekatan dengan Ibu Kota Jakarta, Jakarta sendiri terkenal dengan kemacetannya, penuh dengan hiruk pikuk dan kebisingan. Jarang sekali kita dapat menemukan tempat sejuk tanpa polusi dan nyaman untuk berwisata. Sehingga kehadiran kepulauan seribu diantara hiruk pikuk Jakarta, menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu berwisata Anda.

Kegiatan wisata sendiri tidak dipungkiri menjadi kebutuhan dasar setiap manusia, sebagai sarana menghilangkan kejenuhan dari aktivitas/rutinitas sehari-hari. Melihat fakta tersebut sehingga industri pariwisata tidak akan pernah mati. Melihat kebutuhan tersebut kemudian Kepulauan Seribu mengembangkan potensi industri wisata tersebut. Kepulauan yang merupakan salah satu tujuan wisata, termasuk dalam tujuan wisata yang sedikit berbeda karena memiliki ciri khas. Ciri khas tersebut dibagi menjadi tiga jenis wisata, yaitu wisata pantai, wisata cagar alam dan wisata sejarah.

Wisata kepulauan seribu yang merupakan gugusan pulau-pulau kemudian dibagi menjadi beberapa zona, seperti zona cagar alam, zona tujuan wisata, dan zona eksploitasi sumber daya alam. Semakin jauh pulau tujuan wisata Anda dari Teluk Jakarta, maka akan semakin bersih pula pantai dan laut sekitarnya. Berikut beberapa pulau tujuan wisata kepulauan seribu yang dapat Anda jadikan tujuan wisata.

  1. Pulau Harapan

Pulau Harapan terkenal dengan keindahan terumbu karangnya yang membuat penyelam akan betah berlama-lama di dalam air, di pulau ini juga terdapat penangkaran Elang Bondol. Bukan hanya itu saja, di pulau ini juga terdapat jembatan kayu di atas laut biru yang menyejukkan mata serta suguhan panorama bawah laut yang dapat jelas terlihat karena bersihnya air. Anda dapat duduk-duduk bersantai di atas jembatan kayu tersebut sambil menikmati segala pemandangan alam yang indah dan pasti sesuai harapan Anda.

  1. Pulau Bidadari

Berjarak 15 km dari daratan Jakarta, sehingga dari pulau ini kita dapat melihat gedung-gedung Jakarta mirip seperti miniatur kota. Di pulau ini terdapat bukti sejarah yang cukup penting yakni benteng pertahanan yang berdiri kokoh disana. Terdapat hutan mangrove yang membuat pulau ini lebih mempesona. Pulau ini dinamakan bidadari karena konon dulu Pangeran Jayakarta dan para penghuni kerajaan sering berlibur di pulau tersebut.

  1. Pulau Putri

Pulau ini terkenal dengan pemandangan sunset yang begitu cantik, memukau siapa saja yang meilhatnya. Sunset di pulau ini sering disebut “Sunset Cruise”. Dalam pulau ini juga sudah terdapat beberapa cottage bagi wisatawan yang ingin menginap.

  1. Pulau Pelangi

Pulau pelangi termasuk dalam satu gugusan pulau putri, dengan pemandangan berpasir putih yang indah. Fasilitas pulau ini cukup banyak seperti canoe, snorkling, bottom boat, banana boat, scuba dive, peralatan memancing, sepeda santai dan jogging track.

  1. Pulau Tidung

Pulau ini merupakan pulau yang paling terkenal di kawasan wisata kepulauan seribu. Pulau ini dibagi menjadi dua bagian yakni pulau tidung besar dan kecil, keduanya di hubungkan dengan jembatan panjang yang disebut dengan jembatan cinta.

Masih banyak sekali gugusan pulau lain yang memiliki pesona masing-masing seperti pulau kahyangan, matahari, semak daun, bira, pari, pramuka, ayer, onrust, pabelokan, edam, sepak, pantara, kelor kotak, rambut dan masih banyak lagi pulau pulau nan indah yang terdapat di wisata kepulauan seribu.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.