Pesan Tiket Kereta Api Melalui Internet

Pesan tiket kereta api dahulu hanya bisa langsung dilakukan di loket yang berada di stasiun kereta api secara langsung. Jika dalam masa liburan atau hari besar seperti lebaran misalnya, stasiun kereta api penuh sesak oleh calon penumpang yang ingin membeli tiket kereta api. Meski sudah menunggu berjam-jam pun, akhirnya terkadang karena terlalu banyaknya penumpang tidak sebanding dengan gerbong yang tersedia akhirnya banyak orang yang tidak bisa naik kereta api karena kehabisan tiket. Untuk mensiasati hal tersebut, disediakan juga tiket kereta api tanpa tempat duduk, sehingga penumpang hanya bisa berdiri atau duduk di lantai kereta api, bahkan terkadang ada juga yang nekat dengan duduk di atas gerbong kereta api. Hal ini sama sekali tidak dianjurkan karena membahayakan diri sendiri, lagipula biasanya penumpang yang duduk di atas kereta api adalah penumpang ilegal yang tidak kebagian tiket atau ingin menumpang gratis.

Namun itu semua cerita lama, saat ini gerbong kereta api sudah diperbarui, gerbongnya makin banyak, kemudian cara pesan tiket kereta api pun tidak serepot dulu. Dengan bantuan internet maka Anda kini dapat dengan mudah melakukan pesan tiket kereta api tanpa harus antri berjam-jam. Tentunya pesan tiket kereta api melalui internet ini juga membuat pemesanan kereta api menjadi lebih aman tanpa adanya calo yang berusaha menjual tiket tidak resmi atau tiket dengan harga tinggi.

Langkah Pertama

Untuk pesan tiket kereta api melalui internet, maka Anda bisa membuka situs di alamat https://tiket.kereta-api.co.id lalu setelah itu akan keluar halaman web tersebut. Kemudian saat Anda hendak pesan tiket kereta api Anda harus mengisi beberapa kolom sesuai dengan kebutuhan tiket kereta api yang Anda mau. Kolom yang harus diisi berupa data tentang tanggal keberangkatan yang Anda inginkan, stasiun dimana Anda akan berangkat, stasiun yang menjadi tujuan akhir dan juga berapa jumlah penumpang yang akan berangkat. Untuk anak di bawah 2 tahun biasanya harga tiket lebih murah dan isikan pada kolom infant untuk anak-anak. Lalu setelah Anda menekan pilihan tampilkan, akan terlihat sejumlah pilihan tiket kereta api.

Langkah Kedua

Pilihan tiket kereta api yang ada didasarkan pada kelas dan harganya, jika Anda sudah menentukan akan memilih tiket kereta api yang mana maka segera tekan pilihan booking yang ada di samping pilihan tiket. Setelah itu nantinya akan muncul halaman untuk mengkonfirmasi tiket yang Anda pesan beserta penumpang dan tujuan pemberangkatan. Jika semua data yang ditampilkan sudah benar, maka Anda bisa menyetujui data konfirmasi tersebut. Telitilah karena setelah menyetujuinya Anda tidak bisa kembali lagi ke pilihan sebelumnya. Setelah itu nantinya akan muncul sejumlah data diri orang yang memesan yang harus Anda isi berikut juga alamat email Anda. Nantinya alamat email akan digunakan untuk mengirim kode konfirmasi untuk pembayaran di ATM, mini market atau juga kantor pos.

Langkah Ketiga

Anda bisa memilih pembayaran di atm, mini market yang sudah bekerja dengan PT. KAI atau kantor pos. Namun kebanyakan orang biasanya lebih memilih membayar melalui ATM karena lebih praktis. Setelah Anda memilih cara pembayaran melalui ATM maka akan ada kode pembayaran yang sebaiknya Anda catat agar tidak lupa. Nantinya kode itu digunakan saat hendak membayar melalui ATM atau melalui metode lain yang Anda pilih dalam pesan tiket kereta api.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.