Faktor-faktor yang Menentukan Harga Tiket Kereta Api

Kereta api menjadi salah satu pilihan transportasi publik terfavorit, tingginya minat masyarakat ini turut dilandasi oleh berbagai kelebihan yang ditawarkannya. Moda transportasi ini dinilai menawarkan harga tiket yang relatif lebih terjangkau dengan waktu tempuh yang cepat, transfortasi massa ini juga turut menawarkan kenyamanan selama melakukan perjalanan dengan terus meningkatkan fasilitas yang digunakan dan juga akses yang lebih mudah dan praktis dalam melakukan pelayanan publik seperti menyediakan informasi mengenai kisaran harga tiket dan juga kemudahan dalam hal pemesanan tiket kereta api.

Berbagai Pilihan Alternatif dalam Membeli Tiket Kereta Api

  • Loket Pembelian Tiket
    Datang ke stasiun kemudian menuju loket tiket merupakan cara pemesanan dan pembelian tiket kereta api yang paling umum. Proses yang dilakukan juga terbilang mudah, Anda hanya perlu mengisi formulir pemesanan tiket yang sesuai dengan identitas yang tertera pada KTP kemudian membayar sesuai tarif kereta yang dipilih.
  • Pemesanan Secara Online
    Dalam melakukan pemesanan tiket kereta api secara online Anda hanya perlu mengakses website resmi penjualan tiket kereta api PT. kereta Api Indonesia (persero) kemudian ikuti petunjuk pembelian yang sudah di sediakan.
  • Pemesanan melalui channel Resmi
    Para calon penumpang juga semakin dipermudah dalam hal pemesanan tiket dengan kerjasama yang dijalin oleh pihak PT Kereta Api Persero dengan beberapa channel resmi yang menyediakan fasilitas untuk reservasi tiket kereta api seperti Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Lawson, Pegadaian, 7 Eleven, faspay, JNE, COOPPAY dan channel resmi lainnya. Pihak channel resmi ini akan memberikan kode booking pemesanan yang juga mencantumkan nomor kursi, Anda dapat menukarkannya menjadi tiket asli dengan datang ke Stasiun.
  • Pemesanan melalui mesin ATM BANK
    Jika Anda membeli tiket kereta api melalui mesin ATM BANK maka Anda akan mendapatkan kode booking serta bukti pemesanan yang nantinya digunakan untuk ditukarkan di stasiun dan menjadi lembaran tiket resmi.
  • Pesanan melalui Biro Perjalanan
    Pilihan alternatif untuk memesan tiket kereta api yang terakhir adalah melalui Biro Perjalanan. Media ini terhitung praktis dan mudah karena agen yang akan melakukan reservasi, namun Anda perlu memastikan kembali kepastian keberangkatan.

Faktor-faktor yang Membedakan Harga Tiket Kereta Api

  • Tempat Tujuan
    Hal mendasar yang dapat membedakan harga tiket kereta api tentu saja tempat tujuan. Semakin jauh jarak yang akan ditempuh makan semakin mahal pula harga tiketnya sebagai contoh, Anda hanya perlu merogok kocek Rp.120.000 hingga Rp.155.000 untuk melakukan perjalanan Jakarta-Semarang, namun jika Anda melakukan perjalanan Jakarta–Solo dimana jaraknya lebih jauh maka biaya tiketnya bisa mencapai Rp.170.000 sampai Rp.200.000.
  • Waktu Keberangkatan
    Pernahkah Anda merasa bahwa Anda mengeluarkan kocek yang lebih untuk tempat tujuan yang sama dengan kelas yang sama? Ada kemungkinan waktu perjalanan yang membuat harganya menjadi berbeda. Walaupun sangat jarang ditemukan pada beberapa kondisi ditemukan perbedaan harga yang tidak terlalu signifikan ketika kereta berangkat pada pagi hari dengan kereta yang berangkat pada malam hari.
  • Kelas
    Selain menentukan tanggal keberangkatan, hal lainnya yang perlu Anda pikirkan adalah menentukan kelas mana yang akan Anda pilih, karena hal ini akan menentukan jumlah uang yang harus Anda keluarkan dalam membeli tiket. Harga berbeda yang ditawarkan turut menentukan faslitas yang akan dapatkan selama perjalanan mulai dari perbedaan pada kualitas AC dan tempat duduk yang digunakan, kebersihan dan lengkapan fasilitas yang akan mendukung kenyamanan penumpang seperti keberadaan gording maupun sun shading, perbedaan stasiun yang akan disinggahi sampai kecepatan waktu tempuhnya. Secara umum kelas kereta api dikelompokkan menjadi tiga kelas yaitu kereta api kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif. Harga tiket yang paling murah diantara ketiga kelas tersebut adalah tiket kereta api kelas ekonomi, sedangkan harga tiket kereta api yang paling mahal adalah kelas eksekutif.
Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.