Cara Pemesanan Tiket Kereta Api secara Online

Pada umumnya kereta api menjadi moda transportasi yang banyak digunakan untuk menempuh perjalanan yang jauh, dimana keberadaannya semakin populer ketika masuk musim liburan. Seiring dengan perkembangan dunia digital yang semakin canggih, pada saat ini proses pemesanan dan pembelian tiket kereta semakin dipermudah dengan pengalikasian sistem online. Penerbitan sistem ini dinilai semakin memberikan kenyaman bagi para calon penumpang.

Kelebihan Melakukan Pemesanan Tiket Kereta Api secara Online

Melakukan pemesanan dan pembelian tiket Kereta Api secara online lebih banyak dipilih oleh berbagai kalangan, hal ini tidak terlepas dari banyaknya kelebihan yang ditawarkan salah satunya dinilai sangat praktis. Dilihat dari sisi kepraktisannya para calon penumpang dapat melakukan pemesanan dimana saja dan juga kapan saja tanpa harus secara langsung datang ke Stasiun, kondisi ini juga memungkinkan untuk mengurangi antrian panjang di Stasiun.

Selain itu prosesnya pun dinilai cukup mudah, Anda hanya perlu mengakses situs resmi penjualan tiket kereta api di https://tiket.kereta-api.co.id/ kemudian ikuti petunjuk pembelian yang sudah disediakan oleh pihak PT. kereta Api Indonesia (persero) melalui website resminya. Kelebihan lain yang ditawarkan dari sistem reservasi dan pembelian tiket kereta api secara online ini adalah kemudahan dalam proses pembayarannya, karena PT. KAI telah menjalin kerjasama dengan pihak perbankan sehingga pembayaran dapat dilakukan melalui mesin ATM. Kemajuan dunia digital ini juga turut menyediakan informasi terupdate mengenai ketersediaan tiket dan juga mengenai harga tiket sehingga lebih memberikan kepastian bagi para calon penumpang.

Langkah-langkah Pemesanan Tiket Kereta Api secara Online

  • Buka situs https://tiket.kereta-api.co.id/ kemudian pilih stasiun asal dan juga stasiun tujuan Anda. Setelah itu masukkan tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang.
  • Setelah Anda mengklik Tampilkan, akan muncul pilihan kereta api berikut harga tiket, jam keberangkatan atau kedatangan dan juga status tiket kereta api pada detik tersebut, apakah masih tersedia atau sudah habis.
  • Pilih kategori tiket yang Anda inginkan kemudian dan klik Booking. Setelah itu akan muncul informasi mengenai reservasi tiket kereta api, pada halaman ini Anda perlu memahami berbagai info yang sediakan klik Lanjutkan. Pahami kemudian setujui syarat dan ketentuan layanan.
  • Halaman selanjutnya berupa format identitas penumpang yang harus Anda isi sesuai dengan yang tercantum dalam KTP atau Kartu Identitas lainnya yang memuat ID calon penumpang. Data pemesan ini akan digunakan untuk menlakukan konfirmasi booking dan juga untuk memudahkan pemberitahuan atau penyampaian info jika terjadi masalah dalam pemesanan tiket. Setelah itu Klik Lanjutkan.
  • Lakukan konfirmasi tipe pembayaran serta pemilihan tempat duduk. Anda dapat mengganti posisi tempat duduk dengan cara mengklik Pindah, kemudian akan muncul skema tempat duduk pada gerbong yang Anda inginkan. Pilihlah lokasi yang masih kosong kemudian Klik Selanjutnya.
  • Lakukan pembayaran tiket kereta api sesuai dengan kode pembayaran Anda
  • Setelah Anda melakukan pembayaran, pihak PT KAI akan mengirimkan email kepada Anda yang berisi mengenai detail pemesanan serta kode booking. Anda dapat mencetak tiket dengan menggunakan mesin cetak tiket otomatis di stasiun dengan mengetikkan kode booking pada dokumen dari PT KAI yang dikirimkan melalui email.

Bagaimana cukup mudah bukan? semoga dengan diberlakukannya pemesanan tiket kereta api online semakin membuat Anda semakin nyaman dalam melakukan pemesanan tiket dengan berbagai kemudahan yang ditawarkannya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.