Kuliner Tradisonal Khas Bali yang Sayang Untuk Dilewatkan

Memang banyak sekali tempat – tempat atau destinasi pariwisata di Indonesia yang tentunya menarik perhatian untuk berlibur ke daerah tersebut. Salah satu daerah yang memiliki daya pikat yang sangat menarik adalah Pulau Bali. Di tempat yang satu ini banyak sekali hal – hal yang menari seperti tempat – tempat yang mempesona, kebudayaan yang kuat dan tidak kalah pula adalah kuliner Bali yang wajib untuk dikunjungi. Pulau Bali selain menyuguhkan lokasi wisata yang indah, disana juga terdapat lokasi wisata kuliner Bali enak dan murah sehingga menjadi salah satu tujuan wisatawan ketika berkunjung ke Bali. Salah satu kuliner khas Pulau Bali yang sudah sangat terkenal adalah Ayam Betutu.

Jaje Lak – Lak

Namun tahukah kamu, jika Bali juga memiliki terdapat berbagai macam kuliner tradisional yang sayang sekali untuk dilewatkan. Salah satu kuliner tradisional khas Bali yang bisa kamu cicipi adalah Jaje Bali. Jaje Bali ini merupakan kue tradisional Bali yang memiliki rasa dan tampilan yang spesial. Biasanya camilan ini dijual di pasar – pasar tradisional dan bisa kamu temukan pada pagi hari. Berbagai macam jenis kue dari Jaje Bali ini dijual mulai dari kue – kue kering hingga kue basah. Menurut salah satu penjual jika kue basah cara penyajiannya harus ditambah dengan kelapa parut yang di tambahkan dengan siraman gula aren.

Jaje Sumping

Untuk jenis kue basah terdiri dari berbagai macam mulai dari Jaje Lak – Lak yang bentuknya menyerupai Kue Serabi, Jaje Uli yang terbuat dari ketan dan tepung ketan hitam serta Jaje Sumping yang dimana potongan pisang dibalut dengan adonan tepung beras. Memiliki ukuran yang kecil sehingga para pembelinya dapat mengambil empat hingga lima macam kue. Kue – kue basah ini biasanya dinikmati dalam mangkuk anyaman yang diberi alas berupa daun pisang. Untuk harganya terbilang cukup murah namun tergantung juga dari berapa banyak kue yang diambil. Untuk harga, rata – rata berkisar dari Rp. 500 sampai Rp. 1.000 per potong nya.

Jaje Sirat

Jika Jaje Bali dengan jenis kue basah disajikan dengan kelapa dan siraman gula aren, namun beda dengan Jaje Bali dengan jenis kue kering yang dapat dinikmati dengan cara yang lebih praktis yaitu bisa dimakan langsung tanpa saus tambahan. Untuk Jaje Bali dengan jenis kue kering terdiri dari Jaje Sirat, Jaje Begine, dan Jaje Uli Kering. Jaje sirat adalah jajanan kering berbentuk bundar, pipih, dan mirip seperti jalinan benang kusut. Besarnya pun seukuran telapak tangan orang dewasa dan memiliki rasa yang manis saat digigit.

Jaje Begine

Jaje Begine pun memiliki bentuk yang tak kalah unik, bentuknya sekilas seperti rengginang akan tetapi lebih tipis dan memiliki rasa yang manis. Untuk harganya pun berbeda dengan Jaje Bali jenis basah, yaitu dijual per bungkus kecil dengan isi enam sampai tujuh potong per bungkusnya. Harganya mulai dari Rp. 5 ribu rupiah.

Share this:

Leave a comment