Bebeberapa Lokasi Wisata di Jogja yang Kece dan Recomended Banget Untuk Dikunjungi

Yogyakarta atau Kota Jogja merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu Kota Istimewa yang memiliki otonomi khusus dimana bentuk pemerintahan Provinsi nya berupa Keraton. Berbicara mengenai kota yang satu ini tak lepas dari destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara. Ada banyak sekali tempat wisata di Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Bagi kamu yang memang tinggal di Jogja atau sedang menempuh pendidikan di Kota Pelajar ini tentunya sudah tak asing lagi dengan tempat – tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Namun tahukah kamu, jika di Jogja ternyata masih ada banyak sekali tempat – tempat keren yang harus dikunjungi.

Wisatawan lokal maupun mancanegara pasti mengenal Candi Prambanan, Pantai Parangtritis atau Malioboro. Tapi ternyata tak hanya itu saja destinasi wisata yang terdapat di Jogja. Masih ada banyak sekali surga tempat wisata di Jogja yang tersimpan dan menunggu untuk kita didatangi. Nah, berikut ada beberapa lokasi wisata di Jogja yang kece dan recomended banget untuk kamu datangi. Diantaranya adalah:

1. Bukit Panguk Kediwung

Kecamatan Dlingo Bantul ternyata menyimpan potensi wisata alam yang luar biasa. Kecamatan yang sebagian besar wilayahnya pegunungan ternyata memiliki spot – spot yang indah seperti salah satunya adalah  Bukit Panguk Kediwung. Lokasi Bukit Panguk Kediwung berada di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo. Letaknya tak jauh dari Keun Buah Mangunan yaitu hanya 2 km saja. Namun sayangnya akses jalan menuju Bukit Panguk Kediwung belum begitu bagus maka disarankan untuk kamu yang ingin menuju kesana lebih baik menggunakan sepeda motor dalam kondisi prima.

Pemandangan di Bukit Panguk Kediwung ini memang begitu amazing, karena dari sini pengunjung dapat melihat deretan bukit hijau yang menjulang dan berderet serta lekuk seksi aliran sungai Oya. Saat yang tepat berkunjung ke Bukit Panguk Kediwung adalah pagi hari di mana matahari mulai terbit. Lokasinya yang berada di mulut tebing, membuat para pengunjung yang datang dapat dengan leluasa untuk mengambil foto dengan beragam angle atau background, apalagi di sini ada gardu pandang membuat background pegunungan dan langit terasa lebih luas, serasa kita melayang gitu deh.

2. Hutan Pinus Mangunan

Terdapat banyak obyek wisata ketika kamu berkunjung ke Kota Yogyakarta salah satunya terdapat obyek wisata alam terbuka yaitu Hutan Pinus Mangunan yang berada di sebelah Selatan Kota Yogyakarta. Lokasinya tepatnya berada di Dusun Mangunan Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Setiap harinya obyek wisata ini selalu ramai di datangi oleh para pengunjung apalagi jika weekend tiba atau libur tanggal merah. Hutan Pinus Mangunan dibuka pada tahun 2012 oleh masyarakat setempat dan merupakan kelompok pengelola hutan pinus “Pinusari”. Semakin hari sejumlah fasilitas dan pelayanan yang terdapat disana terus dikembangkan demi kenyamanan para pengunjungnya. Apalagi baru – baru ini dari pihak pengelola telah membuka sebuah panggung terbuka yang berada di tengah rimbunnya pohon pinus yang menjulang tinggi. Untuk para pengunjung yang datang, obyek wisata tersebut merupakan spot yang sangat menarik untuk melakukan foto ria maupun selfie.

3. Bukit Mojo Gumelem

Bukit Mojo, mungkin namanya masih asing terdengar dan belum seterkenal Mangunan ataupun bukit Panguk yang akhir akhir ini mulai ngehits. Tapi pemandangan disini tak kalah indahnya lho. Bukit Mojo ini baru diresmikan sekitar tanggal 24 Juli 2016 lalu, jadi memang ini masih tergolong tempat baru. Pemandangan yang ditawarkan disini adalah Sungai awan yang khas daerah mangunan dan pemandangan alam bukit bukit hijaunya. Selain itu kita bisa juga menikmati sunrise bila beruntung.cBukit Mojo ini terletak di Gumelem, Mangunan, Dlingo, Bantul. Rute untuk sampai ke bukit Mojo ini hampir sama kalau mau ke arah Bukit Panguk, jalannya masih searah tapi nanti ada pertigaan tanda arah kalau ke kiri ke bukit Panguk, kita ambil jalan ke kanan ke arah bukit Mojo. Dari sini kurang lebih 1 km masuk melewati jalan desa dan ikuti petunjuk arah yang ada hingga nanti sampai ke bukit Mojo ini. Sebagian jalan ada yang masih berbatu dan rusak, jadi perlu hati-hati yaa, pastikan kendaraanya dalam kondisi baik,

4. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove Kulonprogo baru – baru ini menjadi salah satu primadona baru tujuan wisata Jogja. Hutan ini terletak di Pantai Congot, Dusun Pasir Mendit, Jangkaran, Kulonprogo. Bisa ditempuh sekitar 1,5 jam dari Kota Yogyakarta.

5. Jurang Tambelan Kanigoro

Jurang Tambelan Kanogoro merupakan daya tarik wisata alam tebing perbukitan yang dikhususkan sebagai lokasi untuk berfoto. Obyek wisata yang satu ini memiliki konsep yang hampir sama dengan wisata Bukit Punguk Kediwung. Daya tarik obyek wisata yang satu ini adalah spot selfie dengan bentuk kapal di tepi jurang dengan latar belakang Sungai Oyo.  Jurang Tembelan terletak di desa wisata Kanigoro, dusun Kanigoro, desa Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Share this:

Leave a comment