Keindahan Pantai Tanjung Tinggi yang Mempesona

Salah satu obyek wisata yang menjadi salah satu kebanggaan dari Kabupaten Belitung adalah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini berada 30 km dari Pusat Kota Tanjung Pandan dan membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke kawasan ini. Tanjung Pandan sendiri merupakan ibukota dari Kabupaten Belitung. Nah, untuk kamu yang pernah menonton film Laskar Pelangi, mungkin kamu tak begitu asing dengan pantai yang satu ini karena pantai yang ini pernah dijadikan untuk syuting film tersebut. Keindahan alam berupa hamparan pasir putih dibalut dengan air laut yang berwarna hijau kebiru – biruan akan memanjakan mata siapa saja yang datang ke kawasan ini.

Pantai Tanjung Tinggi merupakan pantai yang berbentuk seperti teluk kecil dan memiliki panjang 100 meter. Bentuk nya yang seperti teluk maka arus ombak yang berada di pantai tersebut relatif kecil dan sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin melakukan olahraga air. Tak heran jika banyak wisatawan lokal dan mancanegara menjadikan Kabupaten Belitung ini sebagai tujuan mereka untuk melakukan liburan. Selain kecantikan yang dimiliki oleh Tanjung Tinggi ini, sebenarnya terdapat juga hamparan batu granit yang berada di sekitar pantai tepatnya berada di bagian timur pantai. Bebatuan tersebut memiliki ukuran yang beragam, ada yang berukuran besar dan ada pula yang memiliki ukuran yang sangat kecil. Tempat ini juga sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi fotografi karena di kawasan ini memiliki spot – spot menarik yang bisa kamu jadikan sebagai model dengan berlatar belakang Pantai Tanjung Tinggi serta terbenamnya matahari.

Tak hanya keindahan nya saja yang dapat dinikmati, namun di kawasan ini kamu juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas di Pantai Tanjung Tinggi ini seperti berjemur, memancing, berenang, menyewa jetski, hingga menjelajah dengan perahu karet. Namun untuk kamu yang hobi diving, maka tak ada salahnya mencoba spot – spot menarik yang terdapat di pantai ini. Disaat kamu melakukan penyelaman, kamu akan menjumpai berbagai macam bentuk jenis dan warna spesies laut yang ada di pantai ini serta rumah – rumahnya yang berasal dari terumbu karang. Setelah kamu lelah melakukan berbagai macam aktivitas disini, maka kamu dapat beristirahat di rumah makan yang ada di sekitar pantai.

Berbagai macam olahan ikan bisa kamu pesan di rumah makan ini. Menu yang tak boleh terlewat dan harus kamu coba ketika berkunjung ke Belitung adalah Gangan. Gangan merupakan masakan khas Belitung yang dimana Gangan tersebut seperti sayur yang dimana menggunakan kunyit sebagai bumbu utamanya serta diolah bersama dengan nanas muda dan kepala ikan. Gangan ini mempunyai rasa asam dan pedas yang dapat memanjakan lidah kamu. Pantai Tanjung Tinggi berada di lokasi Kecamatan Sijuk, Belitung – Bangka Belitung. Untuk kamu yang ingin berkunjung ke kawasan wisata ini lebih baik menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa jasa agen tour. Hal ini dikarenakan tidak adanya transportasi umum yang akan menuju pantai tersebut.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Tanjung Tinggi pun terbilang cukup lengkap, mulai dari warung makan yang menyediakan berbagai macam sajian, sarana dan prasarana seperti jetski dan kano, hingga toilet umum. Apabila kamu memiliki rencana untuk bermalam disini, kamu dapat menginap di home stay yang tersedia di pantai tersebut.

Share this:

Leave a comment