Nikmatnya Gangan Ikan Ketarap Nan Spicy

Salah satu wisata menarik yang pasirnya tak akan pernah dilewatkan oleh siapapun saat menjelajahi daerah yang baru adalah dengan mencoba kulinernya. Makanan khas yang nantinya akan mengingatkan Anda pernah singgah di tempat tersebut, Indonesia tak hanya dikenal dengan beragam pilihan wisata alamnya untuk disinggahi, namun yang tak boleh untuk kamu lewatkan adalah keunikan kuliner dari masing – masing daerah. Sebagai negara yang memang terdiri dari beragam suku budaya tak memungkiri bahwa mereka memiliki karakteristik masing – masing, tak hanya dari bahasa yang digunakan melainkan juga sajian.

Nah saat kamu menampakkan kaki di Kepulauan Beling wisata alam berupa keindahan pantai tentunya menjadi suguhan utama bagi Anda selama berada disini. Kawasan satu ini memiliki cukup banyak pantai ini dah yang menggoda untuk kamu kunjungi. Tak hanya itu mereka juga tawarkan kuliner khas dari masakan laut, bagi kamu yang gemar mengonsumsi udang, cumi tayua bahkan ikan – ikan yang berasal dari kekayaan perairan asing ini wajib untuk datang ke Belitung, karena ada sebuah kuliner yang cukup menjadi primadona disini, yaitu Gangan.

Nama gangan mungkin masih begitu asing di telinga Anda, mengingat tak banyak kawasan yang menjual kuliner tersebut, hanya dapat kamu temui di beberapa rumah makan yang ada di Belitung. Gangan sendiri sebenarnya merupakan sebuah ungkapan untuk bumbu masakan tersebut, artinya untuk menu atau bahan utama yang digunakan sebenarnya bervariasi, menyesuaikan dengan selera pemesan saja, namun tetap memiliki cita rasa sama karena menggunakan bumbu olahan yang sama.

Kamu dapat merasakan tiga tawaran gangan disini yaitu gangan ikan laut, gangan ikan danau juga gangan kepiting, untuk tawaran harga sendiri tentu bervariatif menyesuaikan pada bahan yang kamu pilih, umumnya kepiting sendiri memiliki harga yang jauh lebih mahal. Kuliner khas dari Kepulauan Belitung tersebut sekilas nampak seperti soto, mengingat dari segi warnanya kuning, namun ternyata tidak, rasanya merupakan perpaduan dari beragam rempah – rempah dan satu yang paling ditonjolkan adalah kepedasan dari masalah tersebut.

Satu jenis gangan yang menjadi favorit masyarakat adalah berbahan dasar ikan ketarap, jenis ikan yang satu ini memiliki ukuran cukup besar, sehingga untuk penyajiannya sendiri nantinya akan dipotong dalam beberapa bagian. Ikan satu ini memiliki tekstur kulit yang cukup keras, jenis yang digunakan adalah ikan yang tak terlalu tua, paling tidak sudah cukup gemuk dan siap untuk dipanen. Nantinya akan dimasak menggunakan nanas. Inilah yang membuat cita rasanya selain pedas juga cukup asam, sangat sesuai dengan lidah orang Belitung.

Proses memasaknya sendiri tak membutuhkan waktu yang lama, hanya tinggal membersihkan ikan, paling tidak pilihlah yang segar. Siapkan bahan-bahan seperti rempah dan beberapa bumbu dapur umum seperti bawang merah, bawang putih dan jangan lupa irisan cabai untuk menambah cita rasa spicy dari kuliner yang satu ini, kamu bisa memasukkannya setelah bagian kuah cukup matang, dalam keadaan ikan yang segar maka akan mengeluarkan rasa yang lebih nikmat.

Menu masakan yang satu ini sangat nikmat untuk disantap bersama dengan sepiring nasi putih hangat, kulit ikan yang cenderung keras setelah dimasak menggunakan kuah kuning nan pedas akan memberikan sensasi tersendiri saat kamu mengunyahnya, yaitu terasa cukup renyah seperti Anda memakan gorengan, padahal diolah tanpa proses penggorengan sama sekali, untuk beberapa makanan pendamping umumnya adalah saus tomat dan juga sayuran rebus, tak hanya enak namun juga kaya akan nilai gizi.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.