Sosok Laskar Pelangi yang Tak Pernah Pudar

Belitung, yang terdapat di provinsi kepulauan Bangka Belitung, terkenal dengan wisata Baharinya. Bukan itu saja, Belitung menyimpan banyak sekali objek wisata yang harus dikunjungi salah satunya adalah Museum Kata Andrea Hirata. Apa sih yang membuat museum itu harus dikunjungi? Masih ingatkah kamu dari film yang diangkat dari novel Laskar Pelangi oleh Andrea Hirata? Yeah, museum ini ada kaitannya dalam film tersebut. Tahukah kamu Museum ini adalah museum sastra pertama yang berada di Indonesia. Keren bukan?

Lokasi Museum kata ini pun tidak jauh dari lokasi SD tempat syuting film tersebut. Yaitu berada berlokasi di Desa Gentong. Bagi kamu yang penasaran dan tertarik untuk mengunjungi Museum ini silahkan datang pada jam 10.00 Pagi Hingga jam 5 sore. Museum ini dibangun agar generasi muda bangsa Indonesia, mampu memiliki semangat meraih cita-cita yang seperti digambarkan dalam film Laskar Pelangi. Khususnya generasi muda yang berada di daerah Belitung. Selain itu juga museum ini digunakan sebagai sarana tempat belajar, dan tempat mengapresiasikan sastra baik diluar maupun dari dalam negeri.

Museum ini dikatakan cukup lengkap karena terdapat 200 literatur. Yang dimana terdapat literature musik, film, anak seni dan juga literature arsitektur. Keren bukan? Semua sumber juga berasal dari dalam maupun dari luar negeri. Di ruangan museum ini juga terdapat kata-kata asli Belitung, yang sudah lama tidak diucapkan oleh orang Belitung sendiri. Hal ini juga merupakan salah satu melestarikan bahasa dan budaya Nusantara. Lebih menariknya lagi terdapat potongan film dari Laskar pelangi. Juga disediakan spot foto yang bagus, sehingga para pengunjung mampu mengabadikan moment bagus dalam museum tersebut. Terdapat juga pernak-pernik lengkap yang bagus untuk menghiasi dekorasi ruangan dengan sentuhan pernak-pernik asli Belitung.

Anda akan terkesima ketika datang ke Museum ini, karena dekorasinya yang keren dan klasik yang mampu membuat Anda nyaman dan terhanyut dalam suasana dekorasi tersebut. Bagi kamu yang suka nongkrong, Museum ini bisa menjadi tongkrongan asik loh. Tersedia kopi asli Belitung yang dapat kamu dinikmati disana dan juga terdapat gorengan yang cocok sebagai teman kopi. Kamu bisa pergi ke belakang museum ini untuk menikmati kopi dan sepotong gorengan. Kopinya pun diracik langsung dari tungku, yang membuat khas dan aroma semakin kental.

Museum ini tidak hanya digunakan sebagai tempat berkunjung, belajar, berfoto ataupun bersantap. Uniknya Kamu bisa mengirim surat atau mereka menyediakan jasa pos untuk mengirim surat bagi rekan ataupun sahabat terdekat kamu. Bukan hanya melayani jasa pos untuk dalam negeri melainkan luar negeri. Untuk patokan harga, sangat bervariatif tergantung dari kamu dekat atau jauhnya jarak pengiriman.

Untuk transportasi Museum ini bisa memakan waktu selama 1 jam jika berangkat dari bandara. Namun ada baiknya, jika Anda menginap di daerah museum ini. Karena Kamu akan merasakan atmosfir langsung Laskar Pelangi. Terdapat Desta home stay dan bukit Samak cottage dan masih banyak lagi yang lainnya. Penginapan tersebut tentu saja aman.

Apakah Anda tertarik mengunjungi Bangka Belitung karena museum kata ini? Ayo, ajak teman-teman kamu untuk berlibur ke Bangka Belitung. Rasakan sensasi alam bahari yang berbeda, makanan khas yang menggoyangkan lidah, dan juga sejarah “Andrea Hirata”. Dijamin tidak akan rugi, dan akan membuat kamu terngiang-ngiang untuk kembali ke museum Kata lagi. Let’s explore Bangka by visiting Museum Kata.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.