4 Efek Negatif Pemakaian Earphone dan Tips Mencegahnya

Kemajuan teknologi tidak dapat dipungkiri memang memanjakan siapa saja terlebih di kalangan anak muda, yang dijamin sangat melek terhadap teknologi. Ketika handphone menjadi barang biasa bukan lagi barang mewah maka pemiliknya didominasi oleh anak muda. Sementara orangtua mereka justru masih bertahan dengan handphone jadul, siapa yang posisinya seperti ini? Jangan takut, wajar saja namanya juga lahir dan tumbuh di era digital.

Mengenal Earphone

Handphone yang ada di pasaran umumnya dijual dengan beberapa kelengkapan, mulai dari baterai, kabel data, charger, dan tentunya earphone. Earphone merupakan aksesoris handphone yang digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam lubang telinga. Tidak terlalu dalam, hanya ditempelkan di bagian paling luar. Meskipun dirancang dengan berbagai material dan desain sekaligus dipasang hanya sekedar ditempelkan begitu saja ke telinga. Ternyata efek negatifnya sangatlah banyak dan tentunya menjadi teguran bagi penggila musik dan video melalui ponsel pintar.

Efek Negatif Pemakaian Earphone

Earphone dirancang dengan bulatan kecil seukuran kacang tanah kemudian berkabel dan tentu saja di bagian ujungnya terdapat karet agar tidak menyakiti telinga saat dipakai. pemakaian melebihi dosis normal bisa memicu efek samping berikut ini:

  1. Gangguan pada pendengaran, salah satu efek samping pemakaian earphone berlebihan adalah kerusakan pada indra pendengaran. Kemampuan telinga untuk mendengar akan menurun terlebih jika terlalu sering mendengarkan musik atau video dalam volume yang terlalu tinggi. Idealnya telinga diistirahatkan memakai earphone setiap 15 menit sekali.
  2. Telinga mengalami infeksi, ketika earphone dipasang ke lubang telinga maka otomatis aliran udara dari dan ke bagian dalam telinga akan tersumbat. Tahukah kamu apa akibatnya? Perlahan telinga akan menunjukan gejala terjadinya infeksi. Mulai terasa gatal, telinga sering berdengung, dan perasaan tidak nyaman lainnya. Kondisi paling parah telinga mengeluarkan kotoran cair berwarna kekuningan bahkan ada kasus mengeluarkan darah.
  3. Mengganggu kinerja dan kesehatan sel otak, earphone maupun headphone merupakan perangkat yang menghasilkan gelombang elektromagnetik. Ketika dipakai tanpa aturan yang jelas dan sehat bisa mengancam kondisi sel otak. Sebab sebuah studi menunjukan orang yang kedapatan sering memakai earphone misalnya lebih rentan mengalami masalah kesehatan yang berhubungan dengan otak. Serem ya?
  4. Munculnya rasa sakit pada telinga, bagi siapa saja yang teratur memakai earphone maupun headphone biasanya akan rutin mengunjungi dokter THT. Keluhan yang disampaikan ternyata sama, yakni merasakan nyeri aneh di area telinga. Ditambah dengan dengungan-dengungan yang tiba-tiba muncul dan hilang begitu saja. Tentunya perlu mengatur penggunaan alat bantu dengar elektronik ini supaya efek sampingnya sendiri tidak terlalu berbahaya.

Tips Mencegah Efek Samping Tersebut

Mengenal efek samping negatif yang terjadi kalau rutin memakai earphone tentu membuat kamu dan siapa saja wajib lebih waspada. Lakukan beberapa tips berikut untuk mengurangi efek samping yang disebutkan di atas:

  • Jauh lebih aman memakai headphone ketimbang earphone, namun pastikan didesain dengan bantalan khusus.
  • Atur volume agar jangan terlalu keras sebab bisa merusak gendang telinga yang mengakibatkan penurunan kemampuan mendengar.
  • Khusus untuk earphone baiknya tidak dipakai bergantian melainkan dipakai untuk diri sendiri sehingga menekan resiko penularan infeksi pada telinga.
  • Hindari memakai earphone saat mengemudi mobil, mengendarai motor, ataupun berjalan kaki sebab sangat berbahaya.
  • Berikan waktu istirahat pada telinga sehingga tidak berjam-jam mendengarkan musik yang tentunya berdampak kurang baik bagi kesehatan telinga.
Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.