Wisata di Kota Jogja yang Kekinian

Seperti yang kita ketahui jika Kota Yogyakarta memiliki destinasi wisata yang sangat mempesona, tak heran jika banyak wisatawan memilih Kota Jogja sebagai salah satu obyek wisata saat akhir pekan atau hari libur tiba. Berbagai destinasi wisata seperti Malioboro, Keraton, Hutan Pinus, Kalibiru, dan lain sebagainya bisa kamu kunjungi. Dari sekian banyak objek wisata yang ada di Jogja, kadang ada saja wisatawan yang geleng – geleng kepala karena tiket masuknya yang cenderung mahal. Tapi jangan khawatir, ada sejumlah obyek wisata di Jogja dengan tiket masuk gratis loh! Mau tahu dimana saja lokasinya? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Candi Abang

Candi Abang berlokasi di Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Untuk sampai ke lokasi wisata ini membutuhkan waktu sekitar 48 menit dari pusat kota Jogja. Keindahan alam yang bisa dilihat di kawasan Candi Abang adalah keindahan bukit hijau yang menyerupai Bukit Teletubbies. Untuk masuk ke kawasan ini tidak dipungut biaya, hanya saja membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000/mobil dan Rp 2.000/motor.

2. Spot Riyadi

Berkunjung ke Spot Riyadi, kamu bisa melihat keindahan alam sekitar dari ketinggian. Apalagi jika malam tiba, kawasan ini seperti berada di permukaan samudra kunang – kunang. Destinasi wisata yang satu ini berada di Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Untuk sampai ke obyek wisata ini membutuhkan waktu sekitar 4 menit dari pusat Kota Jogja. Jika kamu beruntung, kamu bisa menikmati Gunung Merapi yang begitu megah. Tiket masuk memang gratis, tapi kamu tetap harus membayar biaya parkir untuk motor Rp2.000 dan Rp5.000 untuk mobil.

 

 

3. Bukit Mojo Gumelan

Untuk menuju ke Bukit Mojo Gumelan membutuhkan waktu sekitar 57 menit atau memakan jarak tempuh kurang lebih 24 km dari pusat kota. Lokasinya berada di Desa Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Sesampainya di sini, kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam sekitar serta sejumlah spot selfie yang kekinian. Tidak ada tiket masuk menuju lokasi wisata ini, hanya saja jika kamu ingin berfoto selfie akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000/orang dan biaya parkir.

 

4. Embung Kleco

Embung Kleco adalah salah satu embung buatan yang berada di desa ngesong kecamatan girimulyo kabupaten kulon progo, tidak sulit untuk sampai di destinasi wisata baru ini, rute menuju embung kleco girimulyo sendiri terbilang sangat mudah dan akses jalan yang sudah beraspal. Terletak di salah satu puncak bukit dari Perbukitan Manoreh, menyuguhkan lanskap kota Kulon Progo yang hijau.

 

5. Watu Payung

Tempat wisata alam Watu Payung Panggang memiliki karakteristik yang tak jauh berbeda dengan tempat wisata Bukit Panguk dan Kebun Buah Mangunan, yaitu menawarkan pemandangan alam Jogja dari ketinggian. Sama halnya dengan kebanyakan tempat wisata perbukitan, Watu Payung Panggang Gunung Kidul juga menawarkan pemandangan sunset dan sunrise yang sangat mempesona, ditambah dengan terdapatnya gardu pandang di puncak bukit membuat objek wisata Jogja ini menjadi salah satu spot favorit untuk hunting foto.

 

 

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.