Keindahan Pantai Walakiri yang Sungguh Mempesona di Sumba Timur

Setiap menjelajah pantai, suguhan matahari terbenam adalah atraksi yang selalu ditunggu setiap wisatawan. Di Sumba Timur, terdapat sebuah pantai dengan panorama matahari terbenam yang beda dari yang lain yaitu Pantai Walakiri . Pantai ini siap memanjakan matamu dengan kesyahduan pesonanya. Lokasinya berada tak jauh dari pusat Kota Waingapu yakni sekitar 24 km dan dapat ditempuh sekitar 30 menit perjalanan. Pantai ini berlokasi di Desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur.

Sama seperti pantai – pantai lainnya di Indonesia, Pantai Walakiri memiliki keindahan alam yang mempesona berupa hamparan pasir putih yang membentang dan birunya air laut serta deretan pohon kelapa dan cemara di pinggir pantai menambah keindahan alam dari pantai ini. Di sebelah barat pantai ini terdapat rumpun pohon bakau. Ketika air laut naik, pemandangan di pantai ini tidak begitu indah namun saat surut pantai ini menampakkan keindahannya. Para wisatawan yang berkunjung bisa melihat keindahan lebih optimal saat air laut sedang surut.
Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan selama berada di pantai ini, misalnya seperti berjalan – jalan di sekitar pantai atau bermain air.

Jika diperhatikan, Pantai Walakiri memiliki keunikan pada pasir pantainya yakni terdapat dua jenis pasir pantai yang berbeda antara pasir di tepi pantai dan pasir di area bekas laut yang surut. Pasir di tepi pantai memiliki tekstur pasir pada pantai umumnya sedangkan pasir di bekas area laut memiliki tekstur halus seperti bedak. Garis batas antara kedua jenis pasir tersebut pun terlihat jelas. Keindahan lainnya yang bisa kamu lihat di sekitar pantai ini adalah adanya pohon mangrove yang tumbuh. Pohon mangrove tersebut terdiri dari dua jenis ukuran yakni besar dan kecil. Pohon mangrove yang berukuran kecil memiliki ranting yang masih kecil dan daunnya belum terlalu rimbun.

Pasir yang berada di area pohon mangrove ini memiliki tekstur yang halus dan berwarna putih serta sedikit lembek karena masih sedikit digenangi air laut. Biota – biota laut seperti bintang laut dan siput bisa kamu temukan di kawasan ini. Pantai Walakiri terbilang cukup ramai karena terdapat pemukiman warga di sekitarnya, sehingga para wisatawan bisa menemukan warung – warung kecil yang menjual makanan ringan dan minuman dengan mudahnya. Tak ada salahnya jika akhir pekan kali ini atau hari libur berkunjung ke Pantai Walakiri untuk merefresh pikiran dari padatnya kegiatan di kantor. Waktu yang paling pas untuk berkunjung ke pantai ini adalah saat sore hari atau pagi hari, karena kamu bisa melihat sunrise dan sunset yang indah.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.