Nikmati 5 Tempat Wisata di Solo Paling Populer Ini!

Tempat wisata di Solo paling menarik dan banyak dikunjungi. Kota Solo atau Surakarta, termasuk kota madya di Jawa Tengah. Kota Surakarta ini awalnya sebuah keresidenan, yang wilayahnya mencakup Sukoharjo, Surakarta, Klaten, Wonogiri, Boyolali, Karanganyar dan Sragen yang dulu di singkat dengan Subo Suko Wonosraten. Kota Solo tak hanya terkenal dengan keapikannya, tetapi juga banyak sekali objek wisata menarik di sana. Berikut ini rangkuman mengenai tempat-tempat wisata menarik di kota Solo :

1. Pasar Klewer

Jika Anda ingin berburu oleh-oleh di kota Solo, maka jangan lupakan Pasar Klewer. Di pasar ini Anda dapat menjumpai berbagai macam hal. Di pasar ini juga terdapat aneka macam kerajinan yang terbuat dari kayu ukir yang motifnya begitu khas dan bisa Anda beli dengan harga terjangkau. Selain itu, Anda pun bisa berburu kuliner di pasar Klewer dengan aneka macam makanan khas kota Solo. Pasar Klewer ini terletak di Jl. Kedempel No. 24, kota Solo, Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Di samping kuliner dan kerajinan yang terbuat dari kayu, Pasar Klewer juga menyajikan aneka macam batik khas Pekalongan, Banyumas, Betawi, Madura hingga Yogyakarta.

2. Air Terjun Jumog

Tempat wisata di Solo berikutnya menawarkan tempat wisata alam yang begitu menakjubkan, yakni air terjun Jumog. Lokasi air terjun ini terletak di desa Berjo, tepatnya kabupaten Karanganyar, Kecamatan Ngargoyoso, Provinsi Jawa Tengah. Perjalanan dari kota Solo menuju air terjun ini hanya membutuhkan jarak sekitar 40 km saja. Meskipun tergolong jauh, namun setelah datang ke tempat wisata ini rasa capek pun akan tergantikan dengan keindahan pemandangan di sekitar Air Terjun Jumog. Air terjun ini berupa air sungai terjun berasal dari ngarai berketinggian sekitar 30 meter. Anda pun bisa menikmati tempat bersantai seperti gazebo, arena permainan dan kolam renang. Tak hanya itu saja, air terjun Jumog di kota Solo ini pun menawarkan harga tiket masuk wisata yang murah meriah.

3. Taman Balekambang

Taman Balekambang merupakan sebuah taman umum yang terbuka bagi siapa pun. Objek wisata yang satu ini memang semakin ramai dikunjungi para wisatawan. Selain itu, Taman Balekambang sendiri sudah mengalami perubahan kondisi maupun revitalisasi dari sebelumnya yang tadinya hanya berupa taman biasa tetapi mulai banyak dikembangkan sebagai taman rekreasi. Tak hanya itu saja, Taman Balekambang yang berasal di Solo ini pun bisa dijadikan sebagai sebuah taman edukasi, di mana terdapat beragam fasilitas bagi para wisatawan, baik bagi anak-anak ataupun untuk dewasa. Taman Balekambang ini pun dijadikan sebagai sebuah taman botani, yakni taman yang berisi flora atau tumbuhan untuk dilestarikan di taman ini.

4. Tugu Lilin Solo

Objek wisata menarik di Solo berikutnya yaitu Tugu Lilin Solo. Layaknya tugu Jogja, tugu yang ada di Solo ini merupakan tempat ideal bagi Anda yang ingin berfoto-foto untuk mengabadikan momen ketika berada di kota terbesar di Jawa Tengah ini. Selain itu, Anda pun dapat menjumpai tugu yang satu ini di area pertigaan Pajang yang merupakan jalur pertemuan antara 3 jurusan jalan, di antaranya Jl. Joko Tingkir, Jl. Dr Radjiman, Jl.Kartasura dan Jl. Slamet Riyadi.

5. Keraton Kasunanan

Jangan pernah lewatkan berwisata ke Keraton Kasunanan saat Anda berkunjung ke kota Solo. Sebab Keraton Kasunanan ini merupakan identitas sekaligus ikon kota Solo. Keraton ini termasuk pusat berbagai aktivitas budaya yang berlangsung di kota Solo. Tak hanya menjadi tempat tinggal dari sunan saja, melainkan keraton ini pun terbuka bagi umum khususnya bagi para pengunjung atau wisatawan. Di Keraton Kasunanan yang satu ini, Anda pun dapat merasakan nuansa Kerajaan begitu kental dan melekat di samping sebagai salah satu tempat wisata di Solo.

Share this:

Leave a comment