Tujuh Kedai Es Krim Legendaris di Indonesia yang Masih Eksis Hingga Kini

Es krim merupakan kuliner yang paling disukai oleh semua orang di dunia apalagi tekstur nya sangat lembut dan memberikan rasa segar di mulut. Karena itu, sejak dulu es krim telah menjadi makanan favorit bagi semua orang. Seiring berjalannya waktu, saat ini es krim banyak di modifikasi oleh para pebisnis kuliner menjadi sajian yang unik dan menarik. Ada es krim dengan varian rasa yang menggoda serta berbagai topping yang lucu, cone yang berwarna – warni dengan bentuk yang unik, hingga cara pembuatan es krim yang lain dari biasanya. Buat kamu para pecinta es krim, berikut ada beberapa es krim legendaris yang ada di beberapa kota di Indonesia.

1. Ragusa Es Italia, Jakarta


Bagi warga Jakarta tentunya sudah tak asing lagi ketika mendengar es krim yang satu ini yaitu Ragusa Es Italia yang berlokasi di Jalan Veteran No. 1, Gambir, Jakarta Pusat. Kedai es krim ini sudah ada sejak tahun 1932  dan cukup populer di kalangan masyarakat Jakarta sehingga tak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Dan ada banyak keunggulan dari kuliner lezat ini yang tidak dimiliki di tempat lain seperti rasanya yang sangat lezat dan banyak pilihan rasa yang dapat menggugah selera. Varian rasanya terdiri dari strawberry, cokelat, vanilla dan berbagai rasa lainnya yang wajib kamu coba. Mengenai harganya kamu tak perlu khawatir, karena cukup merogoh kocek sebesar Rp. 14 ribu hingga Rp. 30 ribu maka kamu sudah dapat menikmati kelezatan dan kesegaran seporsi es krim.

2. Rasa Bakery & Cafe, Bandung


Rasa Bakery & Cafe merupakan sebuah tempat makan yang menyuguhkan suasana tempo dulu. Menu andalannya adalah berbagai es krim buatan sendiri yang sudah terkenal dari jaman dahulu di daerah Bandung. Selain es krim, kamu juga dapat menikmati berbagai makanan khas Indonesia hingga mancanegara yang tak kalah lezatnya. Lokasi nya berada di Jalan Tamblong No. 15, Braga, Sumur Bandung, Bandung. Beberapa es krim yang sudah menjadi favorit sejak lama adalah Coconut Royale yang dimana 3 rasa es krim dipadu dengan kelapa muda yang segar . Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 15 ribu hingga Rp. 30 ribu per porsinya.

3. Zangrandi Ice Cream, Surabaya


Jika di Jakarta kamu dapat mencoba es krim Ragusa, maka saat di Surabaya dengan suasana yang hampir sama maka kamu akan menemukan Ice Cream Zangrandi. Lokasi nya berada di Jalan Yos Sudarso No. 15, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Berbagai macam es krim bisa kamu nikmati di kedai ini seperti Chocolate Twinkle, Noodle Ice Cream, Soda Ice Cream, Avocado Fudge, Tropicana Fruit, Crispy basket, Zangrandi Pie, Horn, Macedonia, Royale Peach, Banana Split. Ada pula es krim dalam bentuk slices yaitu Tutti Frutti, Satay Ice Cream, Surabaya Moon, Pudding Ice Cream. Tak hanya menyuguhkan berbagai menu es krim saja namun Zangrandi Ice Cream juga menyuguhkan berbagai menu pelengkapnya seperti Risoles, kroket, pastel, siomay, lumpia goreng, pastel tutup, nugget atau french fries (kentang goreng). Harga yang dibanderol mulai dari Rp. 9 ribu hingga Rp. 20 ribu.

4. Es Tentrem, Solo


Namanya mungkin belum setenar semacam Toko Oen yang berada di Kota Malang, namun tempat ini memilik persamaan yaitu sama – sama menyajikan es krim jadul buatan rumahan atau homemade. Es Tentrem merupakan sebuah gerai es krim sederhana di kawasan Jalan Brigjend Slamet Riyadi No. 132, Keprabon, Banjarsari, Surakarta dan sudah berdiri sejak tahun 1952. Gerai menyuguhkan berbagai menu es krim jadul buatan rumahan dengan rasa yang tak kalah enaknya dengan es krim modern yang diproduksi sekarang. Es Krim Tentrem memang hanya menyediakan menu es krim tanpa ada menu pendamping lainnya. Beberapa menu varian es krim dapat kita pesan di gerai ini. Sebut saja country look, combinasi, rum n coffee, tutti frutty, pink panther, robin rose, dan lain sebagainyaGerai ini buka setiap harinya mulai pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore WIB. Harga yang dibanderol bervariasi yakni mulai dari Rp. 15 ribu hingga Rp. 22 ribu.

5. Toko Oen, Semarang


Kedai es krim selanjutnya adalah Toko Oen yang berada di Jalan Pemuda No. 52, Semarang atau tepatnya berada di Alun – Alun kota Malang dan sudah ada sejak jaman Penjajahan Belanda. Menu andalan dari toko ini adalah es krim yang menjadi menu favorit. Di antara menu-menu es krim Toko Oen adalah Basic (single scoop) dengan rasa vanila, stroberi, cokelat, moka, dan gula jawa durian. Pada deretan menu old favorit esada tutti frutti, peach melba, banana split, domino dan sonny boy. Harga satu porsi es krim Toko Oen tidak jauh berbeda, bahkan lebih murah dari yang kita temui di coffee shop di mal-mal, mulai dari 15 ribu sampai 40 ribu rupiah.

6. Tip – Top, Medan


Retoran Tip – Top yang berada di Kota Medan yang sudah berdiri sejak tahun 1929. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 92, Medan. Dengan dekorasi lawas, es krim Tip-top melewati proses pembuatan yang cukup panjang dengan menggunakan tungku kayu bakar. Meskipun bentuknya sama seperti es krim pada umumnya namun es krim Tip-top memiliki rasa yang berbeda dengan harga mulai Rp 10 ribu.

7. Gusto Gelato, Bali


Gusto Gelato merupakan salah satu gelato store terbaik yang ada di Bali yang menawarkan 32 pilihan rasa gelato dan 24 pilihan rasa sorbet yang unik dan menggiurkan. Gelato merupakan jenis es krim namun memiliki bentuk yang lebih padat namun tekstur yang lebih halus dan memiliki rasa susu yang lebih kuat. Berbagai macam varian rasa gelato yang bisa kamu temukan di store ini seperti Kamu bisa menemukan aneka rasa yang unik, seperti Cinnamon, Avocado, Soursop, Dragon fruits, Tamarillo, Lemongrass, Kemangi, Spirulina, Ginger, Vanilla, Chocolate, dan bahkan Chili alias cabe. Lokasi nya berada di Jalan Mertanadi No. 46 B, Kuta Utara, Badung, Bali. Buka setiap hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam, Soal harga cukup bervariasi mulai dari Rp 20 ribu untuk ukuran small, Rp 35 ribu untuk ukuran medium, dan Rp 60 ribu untuk ukuran large.

Share this:

Leave a comment