Lima Sajian Pembuka khas Indonesia yang Menjadi Favorit Orang Indonesia

Berbicara mengenai kuliner di Indonesia memang tak akan ada habisnya, apalagi terdapat berbagai macam kuliner yang tak kalah nikmatnya dengan kuliner mancanegara. Namun berbeda dengan Indonesia yang memiliki makanan pembuka yang berbeda – beda. Hal tersebut karena setiap daerah memiliki cita rasa khas tersendiri. Mau tahu apa saja makanan pembuka yang menjadi favorit orang Indonesia? Berikut ada beberapa kuliner khas Indonesia yang bisa dijadikan sebagai hidangan pembuka, diantaranya adalah:

1. Bakwan

Mungkin sudah tak asing lagi dengan makanan yang satu ini apalagi cara membuatnya sangat mudah dan bisa di lakukan di rumah ketika waktu luang. Bakwan merupakan salah satu kuliner yang terbuat dari olahan tepung terigu yang ditambahkan dengan berbagai macam sayuran. Setelah sayuran tersebut tercampur dengan adonan tepung terigu baru lah di goreng hingga matang dengan menggunakan api sedang. Biasanya makanan satu ini banyak kamu temukan di warung – warung makan atau pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai macam gorengan. Namun perlu kamu ketahui, bakwan di setiap daerah memiliki nama yang berbeda – beda meskipun bentuknya sama.

2. Batagor

Saat ini sudah banyak pedagang yang menjajakan batagor mulai dari produksi rumahan hingga berjualan menggunakan gerobak bisa kita temui. Kuliner ini merupakan kuliner asal Indonesia atau lebih tepatnya berasal dari Bandung. Dengan perpaduan bakso tahu yang digoreng membuat batagor terasa lezat dan gurih sehingga anak – anak hingga dewasa sangat menyukai kuliner yang satu ini. Umumnya batagor sendiri menggunakan ikan namun memang di beberapa daerah ada yang tanpa menggunakan ikan bahkan beberapa bahannya pun berbeda – beda ada yang hanya memakai tahu dan tepung sagu saja dan tanpa ikan sama sekali ataupun bahkan menggunakan ebi atau udang kecil-kecil rasanya begitu enak.

3. Lumpia

Kuliner yang satu ini juga tak kalah nikmatnya dengan kuliner lainnya yaitu Lumpia. Lumpia merupakan hidangan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah tepatnya di Kota Semarang. Jika kamu berkunjung ke Semarang jangan lupa untuk mencicipi hidangan yang satu ini ya, karena sangat mudah untuk ditemui. Biasanya lumpia dijajakan di pedagang kaki lima hingga restoran.

4. Martabak

Martabak merupakan kuliner yang biasa di temukan di Arab Saudi dengan nama Muttabaq. Namun bedanya di Indonesia terdapat dua jenis martabak yang bisa kamu temui yaitu martabak manis dan martabak asin. Namun tetap saja di Arab tidak ada martabak yang seperti itu karena beda lokasi, berbeda juga nama dan komposisi martabak nya yang bervariasi.

5. Surabi

Siapa yang tak tahu dengan pancake? pastinya kamu sudah tak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Namun tahu kah kamu jika Indonesia memiliki pancake asli yaitu Surabi. Jika dulu surabi hanya terdiri dari rasa original saja namun saat ini surabi terdiri dari berbagai macam varian rasa mulai dari cokelat, strawberry, pisang, kornet dan lain sebagainya.

Share this:

Leave a comment