Lima Kuliner Khas Indonesia yang Namanya Sudah Terkenal Hingga ke Luar Negeri

Indonesia tak hanya memiliki kekayaan alam yang beraneka ragam serta keindahan yang mempesona, namun Indonesia juga mempunyai beragam jenis santapan kuliner yang khas serta menarik. Di setiap kota yang ada di Indonesia memiliki makanan khas yang tidak sama namun memiliki citarasa yang begitu unik dan mengesankan. Beberapa kuliner di Indonesia tak hanya terkenal oleh wisatawan lokal saja namun kuliner – kuliner tersebut sudah dikenal hingga ke seluruh dunia. Nah, berikut ada beberapa kuliner khas Indonesia yang namanya sudah terkenal hingga ke luar negeri.

1. Rendang

Rendang merupakan masakan daging yang berasal dari Padang dan bercita rasa pedas dengan menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah – rempah. Masakan daging asli Indonesia ini termasuk salah satu masakan terpopuler di dunia. Hal ini sangat wajar, mengingat rendang tak hanya lezat tetapi juga mempunyai citarasa yang khas dan membuat orang ketagihan untuk mencobanya. Selain rasanya yang lezat dan nikmat, resep masakan ini juga tahan lama walaupun tidak dipansakan dalam beberapa hari.

2. Nasi Goreng

Nasi Goreng merupakan salah satu kuliner yang cukup digemari oleh banyak orang karena pembuatannya yang sangat mudah. Meskipun pembuatannya tidak terlalu sulit namun kuliner yang satu ini memiliki cita rasa yang menggugah selera makan dan juga banyak sekali varian untuk pendamping makanan yang enak ini seperti sosis, bakso, kerupuk, dan lain sebagainya. Nasi Goreng ini sangat cocok dinikmati saat pagi hari maupun sore hari. Jika ingin menikmati nasi goreng ini, kamu bisa mendapatkannya di warung nasi atau di restoran. Biasanya di restoran, Nasi Goreng menjadi menu utamanya karena kepopuleran rasanya yang sudah sangat terkenal di Indonesia bahkan hingga keluar negeri.

3. Soto

Soto merupakan kuliner khas Indonesia yang boleh dikatakan sudah umum dan menyebar seantero nusantara. Maka dari itu, kamu akan lebih mudah untuk menemukannya. Tak dapat dipungkiri jika di setiap daerah memiliki ciri khas masing – masing mulai dari berkuah bening, atau bersantan hingga yang berisi daging sapi bahkan jeroan. Nasi dan daging disiram dengan kuah berbumbu rempah-rempah akan membuat siapapun jadi tergoda untuk menyantapnya.

4. Bakso

Rasanya sudah tak asing lagi dengan kuliner khas Indonesia yang satu ini yaitu Bakso, karena hampir setiap kota di Indonesia terdapat kuliner yang satu ini dengan cita rasa yang khas. Namun tahukah kamu jika Bakso juga sangat digemari oleh wisatawan asing yang datang ke Indonesia. Pada umumnya bakso dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas – panas dengan kuah kaldu sapi bening lalu dicampur dengan mie kuning, bihun, tauge, tahu, dan ditaburi dengan bawang goreng dan seledri.

5. Gudeg

Gudeg merupakan salah satu olahan makanan khas Jogja, maka dari itu banyak orang menyebutnya dengan Gudeg Jogja. Gudeg Jogja terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan selama berjam – jam agar rasanya kuat. Warna cokelat pada olahan ini biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu, dan sambal goreng krecek.

 

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.