Selain Makanan, Ada Juga Loh Minuman yang Cocok Dikonsumsi Saat Musim Hujan Tiba

Saat musim hujan tiba, tak hanya kuliner hangat saja yang menjadi andalan untuk menghangatkan tubuh namun ada juga minuman tradisional yang pas dinikmati saat musim hujan. Nenek moyang berbagai daerah di Indonesia ternyata telah membuat ramuan khas, dari rempah juga hasil alam lainnya. Ramuan tersebut menjelma menjadi obat penawar dingin kala musim hujan tiba serta berkhasiat bagi kesehatan. Nah, mau tahu apa saja minuman tradisional tersebut? Simak ulasannya berikut ini yuk!

 

1. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh merupakan minuman tradisional yang berasal dari Kota Yogyakarta. Wedang adalah kata dalam bahasa Jawa yang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Minuman ini dinamakan demikian karena bahan – bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Racikan wedang uwuh terdiri dari daun cengkeh, kayu manis, daun pala, jahe, kayu secang, dengan menggunakan pemanis dari gula batu. Minuman ini memiliki warna merah yang dihasilkan dari penggunaan kayu secang. Cita rasa dari minuman ini adalah pedas dari jahe, dan rasa segar yang dikeluarkan dari beragam jenis daun – daunan yang diseduh dengan air panas.

2. Bandrek

Minuman Bandrek cukup terkenal di kawasan Sunda, Jawa Barat. Bahan dasar sebenarnya hanya jahe dan gula merah, akan tetapi lebih nikmat kalau di tambah dengan susu, telur dan bahan lain. Namun kini Bandrek bisa dinikmati dalam kemasan bubuk instan atau pun yang masih berbentuk rempah asli.

3. Bajigur

Bajigur adalah minuman khas daerah sunda yang sangat khas citarasanya, minuman yang kaya akan rasa santannya ini sangat banyak disukai oleh orang manapun, apalagi ketika musim penghujan sangat cocok sekali menikmati minuman yang satu ini. Bahan utama minuman ini adalah santan kental, gula merah, dan sedikit kopi, agar menciptakan kenikmatan bajigur yang sebenarnya. Bajigur sangat nikmat di konsumsi saat sore hari dan di temani dengan rebusan pisang, kacang, singkong dan lain sebagainya.

4. Bir Kotjok

Bir merupakan salah satu minuman beralkohol yang diproduksi dari hasil fermentasi bahan berpati tanpa proses penyulingan sehingga minuman ini cukup identik dengan minuman memabukan. Namun tahukah kamu jika ada jenis bir yang tidak memabukkan yaitu Bir Kotjok. Bir yang satu ini justru menyehatkan tubuh karena menggunakan jahe merah sebagai bahan utamanya. Selain jahe merah, ada juga cengkeh, kayu manis, gula aren, dan gula pasir sebagai bahan tambahannya. Bahan-bahan tersebut lalu direbus jadi satu dan diambil sarinya hingga berwarna coklat. Dalam penyajiannya, sari dari rempah-rempah tadi di masukan ke dalam gelas alumunium besar yang dicampur dengan es batu. Kemudian dikocok beberapa kali hingga menimbulkan buih seperti bir.

5. Bir Pletok

Selain Bir Kotjok, ada juga Bir Pletok yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Bir Pletok ini merupakan minuman tradisional khas Betawi yang terbuat dari bahan dasar rempah – rempah khas Indonesia dengan campuran jahe, daun pandan wangi serta serai atau sere. Untuk menarik penggemar bir yang satu ini biasanya dicampur dengan tambahan kayu secang, tambahan ini akan membuat warna bir menjadi merah ketika di seduh dengan air panas. Bir pletok ini sangat cocok dikonsumsi saat cuaca dingin atau pada malam hari karena bir pletok adalah minuman tradisional yang berfungsi sebagai penghangat badan. Selain itu bir pletok juga memiliki manfaat kesehatan yang lain. Salah satu dari sekian banyak khasiat nya adalah sebagai pelancar peredaran darah.

 

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.