Menyaksikan Keindahan Matahari Terbit dari Puncak Gunung Bromo

Jika kamu berkunjung ke Jawa Timur, salah satu lokasi wisata yang tidak boleh di lewatkan adalah Gunung Bromo. Destinasi wisata yang satu ini tentunya sudah tak asing lagi terdengar di kalangan wisatawan. Pasalnya obyek wisata yang satu ini cukup banyak mendatangkan wisatawan lokal hingga mancanegara. Semua wisatawan yang datang berkunjung ke destinasi wisata ini tentunya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menaklukkan puncaknya. Wisata alam yang satu ini memang memiliki keindahan alam yang sangat mempesona sehingga dapat memikat daya tarik siapa saja yang melihatnya. Selain pesona nya yang memukau, Gunung Bromo juga termasuk sebagai jajaran pegunungan tertinggi di Jawa Timur yang dapat disejajarkan dengan Semeru.

Saat paling tepat untuk melakukan hiking di Gunung Bromo adalah pada bulan Juni dan Agustus atau kamu juga bisa datang pada saat bulan kesodo karena di bulan tersebut kamu bisa menyaksikan langsung upacara yang dilakukan oleh masyarakat Suku Tengger. Umumnya suku tersebut mengadakan upacara semacam sedekah bumi yang akan di berikan kepada dewa kepercayaan yang memang menghuni kawasan tersebut. Gunung Bromo sendiri lokasinya meliputi empat kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Sebagai gunung berapi yang masih aktif, Bromo menjadi tujuan wisata terkenal di Jawa Timur dan hampir tidak pernah sepi setiap harinya. Statusnya yang masih aktif membuat Gunung Bromo jadi lebih menarik di mata wisatawan.

Gunung Bromo ini bisa langsung kamu datangi dan ikut melakukan pendakian, jangan khawatir karena pada saat dibuka memang ada banyak sekali tim – tim yang ikut mendaki dalam artian memang selalu ramai dengan pengunjung. Berbekal bahan logistik dan juga persiapan untuk menginap di perjalanan kamu bisa mencapai puncaknya. Hanya saja kondisi pegunungan yang tidak menentu membuat kamu harus ekstra waspada, siapa tau hujan akan datang. Sebenarnya selain mengandalkan kaki kamu sendiri, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa sampai ke puncak gunung ini yaitu dengan menggunakan mobil jeep atau juga bisa menggunakan motor cross.

Hal menarik yang bisa kamu temukan di Gunung Bromo adalah lautan pasir yang dimana kamu bisa melihat hamparan pasir yang luas seperti sedang berada di kawasan Timur Tengah. Bahkan ada beberapa orang yang tak segan – segan untuk menyewa kendaraan atau kuda hanya untuk mengarungi lautan pasir tersebut. Mengenai biayanya terbilang tidak terlalu mahal, kamu dapat mengarungi kawasan tersebut selama beberapa saat. Saat – saat yang paling di nanti oleh para pendaki adalah ketika sampai ke puncaknya karena untuk mencapai puncak Gunung Bromo bukan merupakan perkara yang mudah namun nantinya akan ada kepuasan tersendiri bagi kamu yang sudah berhasil menaklukkannya.

Bromo termasuk sebagai kawasan gunung berkabut, jika kamu yang datang di saat pagi hari maka akan menyaksikan secara langsung matahari yang baru terbit ditambah dengan awan tebal yang rasanya berada di bawah kaki kamu. Pemandangan tersebut merupakan sebuah pemandangan yang sangat indah dan paling di nanti – nanti karena bisa secara langsung menyaksikan keindahan matahari terbit dari puncak Bromo. Bagi kalian yang sudah puas melihat pemandangan tersebut saat yang tak boleh terlupakan lainnya adalah berfoto, abadikan moment sebanyak mungkin di puncak Bromo tersebut. Paling tidak kamu sudah memiliki kenangan bahwa pernah menaklukkan salah satu bagian tertinggi di pulau Jawa.

Share this:

Leave a comment