Menikmati Matahari Terbit dari Ketinggian Bukit Alesano

Selain terkenal dengan julukan “Kota Hujan”, Bogor juga sangat identik dengan obyek wisata alam nya yang mempesona seperti salah satunya adalah kawasan Puncak. Tak hanya kawasan Puncak saja yang bisa kamu kunjungi ketika liburan tiba namun masih ada sejumlah lokasi wisata di Bogor yang wajib untuk kamu singgahi sebut saja Bukit Jonggol, Gunung Kapur Klapanunggal, Bukit Alesano, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun jika kamu ingin menghabiskan waktu berlibur kamu dengan menikmati matahari terbit dari atas ketinggian maka kamu bisa memilih Bukit Alesano sebagai tujuan wisata kamu kali ini.

Bukit Alesano ini lokasinya berada di kawasan perkebunan dan peternakan warga yang berada di kawasan kaki Gunung Salak. Lokasi tepatnya berada di Desa Cipelang, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat. Dari bukit ini, para wisatawan yang berkunjung dapat melihat keindahan Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango. Jika malam tiba, pemandangan yang disuguhkan pun tak kalah menariknya yaitu kamu bisa menikmati keindahan panorama lampu – lampu kota Bogor dari ketinggian. Bukit Alesano termasuk lokasi wisata yang masih terbilang baru sehingga jika kamu memiliki rencana untuk berkemah di sini maka kamu harus meminta izin terlebih dahulu kepada warga setempat.

Fasilitas di sana pun belum memadai seperti warung atau toilet maka dari itu diharapkan untuk membawa makanan ringan atau berat masing – masing. Jadi selain menjaga kebersihan, kamu juga diwajibkan untuk menjaga kenyamanan warga setempat. Untuk menuju Bukit Alesano, kamu bisa menggunakan kendaraan roda empat namun pilihlah kendaraan yang cukup tinggi. Setibanya di tempat parkir, kamu bisa memarkirkan kendaraan kamu dan mulai melakukan registrasi di sebuah pos. Di pos tersebut kamu akan di data sesuai dengan jumlah rombongan kamu dan juga kendaraan, kemudian akan dikenakan biaya retribusi sebagai tiket masuk sebesar Rp. 10.000/orang dan tiket parkir sebesar Rp. 10.000/motor.

Nah, karena Bukit Alesano ini merupakan sebuah perkebunan dan peternakan milik warga maka ada baiknya untuk tidak membuang sampah sembarangan. Membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Bogor untuk bisa sampai ke Bukit Alesano. Rute nya pun terbilang cukup mudah yaitu kamu bisa melewati rute Cipaku – Jalan Raya Cihideung – Cijeruk. Jika udah sampai Balai Embrio Ternak maka kamu bisa bertanya kepada warga setempat di mana lokasi Bukit Alesano. Untuk aksesnya sendiri terbilang mudah karena sudah beraspal. Hanya saja, dari tempat parkir ke titik lokasi jalannya masih berbatu.

Share this:

Leave a comment