Wisata Pulau Sempu di Malang yang Memikat Hati

Surga yang tersembunyi, begitulah kira – kira gambaran Pulau Sempu yang berada di Kota Malang. Keindahan sebuah pantai sangat jelas terlihat di pulau yang terletak di Kota Malang ini. Nampaknya pulau ini belum banyak terjamah tangan – tangan manusia karena letaknya yang bersembunyi di balik sebuah kawasan cagar alam. Pulau Sempu merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa dan secara administratif berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sekitar 80 kilometer dari pusat Kota Malang dan 180 kilometer dari pusat Ibukota Jawa Timur yaitu Surabaya. Pulau Sempu ini letaknya tepat di bagian selatan Pulau Jawa yang dikelilingi Samudera Hindia menjadikan tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan tenang. Pulau Sempu ini merupakan cagar alam yang sangat menakjubkan karena memiliki empat ekosistem hutan yaitu hutan mangroove, hutan pantai, danau, dan hutan tropis dataran rendah.

Cagar Alam Sempu juga merupakan rumah bagi satwa liar seperti monyet, kera abu – abu, babi hutan, kijang, rusa, kancil, dan lain sebagainya. Ada juga beberapa jenis reptil termasuk kadal raksasa dan ular serta beberapa jenis burung yang mencari tempat berlindung di pulau itu. Pulau Sempu ini juga sangat cocok untuk kamu yang ingin melakukan kemping, namun jika ingin kemping disana kamu tak perlu membawa alat kemah dari rumah karena sebelum masuk ke Pulau Sempu tepatnya di Pantai Segara Anakan kamu bisa menyewa tenda disana.

Jangan tanya penginapan disana, karena daerah ini merupakan cagar alam yang tidak boleh dibangun. Maka ada baiknya jika kamu ingin menginap, kamu perlu pergi dalam kelompok yang besar karena jika kamu pergi hanya berdua atau bertiga saja mungkin akan terkesan sedikit horor. Bermalam di Segara Anakan akan memberikan kenangan yang tak terlupakan karena seolah – olah kamu memiliki private beach yang dimana kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bermain voli, berenang, snorkeling, atau memanjat tebing pembatas Segara Anakan dengan Samudera Hindia untuk menyaksikan ganasnya ombak di laut lepas.

Untuk menuju ke Pulau Sempu maka kamu bisa melewati satu – satu nya akses dari Pantai Sendang Biru yang merupakan tempat pelelangan ikan di Malang Selatan. Dari Sendang biru, kamu  harus naik perahu menuju titik awal trekking di Pulau Sempu. Sebelum kamu naik perahu, kamu akan diminta untuk mengurus perijinan ke pos jaga. Tips: jangan berlama – lama melayani petugas jaga, langsung bilang kalau kamu siap berangkat dan jangan lupa bayar administrasi (sekitar Rp 20 ribu).

Biaya sewa perahu sekitar Rp 100 ribu – Rp 200 ribu bolak – balik, jangan lupa minta nomer telepon pemilik perahu sehingga pada saat kamu pulang dapat menghubunginya untuk menjemput kamu. Waktu trekking di dalam hutan Pulau Sempu sekitar 30 menit (apabila semua anggota rombongan biasa jalan jauh). Jika kamu ingin ke Pulau Sempu, sangat direkomendasikan untuk memilih musim kemarau karena kalau musin hujan jalan untuk tracking sangat licin. Jika kamu ditawari guide, jika memang tidak perlu, tidak usah. Karena banyak dari guide – guide yang ada di sana akan menceritakan hal – hal yang mengerikan seperti kemungkinan tersesat, dll.

Setelah melewati jalan penuh tantangan, Anda akan dapat tersenyum puas setelah melihat Pantai Segara Anakan disebelah kanan Anda.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.