Timlo Sastro, Kuliner Legendaris Khas Solo yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Setiap daerah tentunya memiliki kuliner khas nya masing – masing seperti Kota Yogyakarta dengan kuliner khas nya yaitu Gudeg, Surabaya dengan kuliner khas nya Lontong Balap, Kudus dengan Sotonya dan juga Solo dengan kuliner khasnya yaitu Timlo Solo. Nah, untuk kamu para pecinta kuliner maka sangat beruntung sekali jika sedang berkunjung ke Solo. Tempat yang kaya akan makanan khasnya ini sangat lezat dan tentunya memiliki banyak sekali sajian makanan yang sangat menggoda dan menggugah selera. Kota Surakarta atau biasa dikenal dengan nama Solo ini merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di Pulau Jawa setelah Jogja.

Berkunjung ke Solo jangan lupa untuk menikmati kuliner khas Solo yaitu Timlo Solo. Untuk menikmati kuliner ini kamu  bisa berkunjung ke salah satu kedai yang lokasinya berada di salah satu sudur Pasar Gedhe Kota Solo namanya Timlo Sastro. Rumah makan ini sudah ada sejak tahun 1952 an namun hingga saat ini rumah makan tersebut masih tetap eksis dan selalu ramai pengunjung setiap harinya walaupun hanya menempati bangunan yang sederhana dan semi terbuka. Meskipun selalu ramai oleh pengunjung namun untuk masalah pelayanan dan penyajiannya cukup cepat. Sejak awal berdirinya, rumah makan ini hanya buka dari pukul 06.30 sampai 15.30.

Timlo Solo ini merupakan hidangan berkuah yang terdiri dari mie soun, potongan sosis Solo, suwiran ayam, wortel, dan irisan telur kecap. Terkadang ditambah dengan irisan hati ayam dan telur dadar di dalamnya yang kemudian di siram dengan kuah bening seperti sop. Untuk rasanya sendiri gurih dan sangat segar seperti soto, namun juga terdapat citarasa sop di dalamnya. Bahkan sebagian orang yang sudah mencicipi kuliner yang satu ini mengatakan jika timlo merupakan gabungan sop dan soto. Bumbu yang digunakan untuk membuat timlo pun cukup sederhana yang terdiri dari pala, bawang putih, lada, dan bawang goreng sebagai bahan tabur di atas nasi. Sedangkan untuk kuah nya yang bening seperti sup terbuat dari kaldu ayam pekat.

Sambil menikmati kesegaran Timlo Solo, kamu akan dihibur dengan live music keroncong dan campur sari. Kalau saja kita memfokuskan sedikit perhatian pada musik tersebut sambil menikmati kelezatan timlo sastro, maka segala keriuhan di tempat itu tidak akan terasa. Di Timlo Sastro ini, kamu dapat memilih menu yang tersedia mulai dari harga Rp. 7.000 (paket hemat) hingga Rp. 18.000 (paket lengkap). Warung ini hanya menyediakan menu timlo, tapi penyajiannya cukup bervariasi. Ada telur rempelo ati, sosis rempelo ati, telur sosis, rempelo ati kuah, sosis kuah, telur kuah dan nasi timlo. Minumannya pun beragam dari harga Rp. 2.000 hingga Rp. 10.000, Anda dapat memesan es stroop, es teh manis, teh manis hangat, susu soda dan lain-lain.

Share this:

Leave a comment