Kuliner khas Salatiga yang Wajib Dicoba

Salatiga merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, lokasi nya berada di Lereng Gunung Merbabu sehingga menyuguhkan hawa yang sejuk dan dingin. Meskipun merupakan salah satu kota dengan wilayah yang tidak terlalu besar, Salatiga tetap menarik untuk dikunjungi. Berbagai wahana rekreasi bisa Anda jajal untuk sekedar merelaksasi diri. Wisata kuliner Salatiga yang beragam juga akan memberi pengalaman menyenangkan pada siapa saja yang menyantapnya. Berikut ada lima kuliner khas Salatiga yang wajib untuk kamu coba. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Sate Kambing Blotongan

Blotongan merupakan nama suatu kelurahan di Kota Salatiga. Jika kita melewati gapura selamat datang kota Salatiga di perbatasan antara kabupaten Semarang dan kota tersebut, maka akan kita lihat banyak rumah makan yang menjajakan sate kambing muda. Dari sekian banyak jejeran rumah makan, ada satu yang sudah berdiri sejak tahun 1979 yakni di Jalan Fatmawati. Pendirinya adalah Pak Masyudi dan Bu Qori yang berhasil meracik hidangan sate kambing yang lezat nan gurih. Sate 20 tusuk di sajikan dengan piring besi panas atau hot plate. Penggunaan hot plate atau piring saji dari plat besi yang dipanaskan ini dimaksudkan untuk membuat sajian sate kambing terus hangat dan membuat tekstur dagingnya terasa lembut hingga suapan terakhir.

2. Sate Sapi Suruh

Warung Sate Sapi Suruh yang terletak di Jl. Jend. Sudirman, bernama Sate Sapi Suruh karena diambil dari daerah tempat sate ini berasal, yakni Desa Suruh yang terletak di sebelah selatan Kota Salatiga. Sate Sapi Suruh ini merupakan salah satu tempat makan yang terkenal di Salatiga. Lokasinya yang strategis yakni di pusat kota, sehingga memudahkan para penikmatnya menemukan kuliner yang satu ini. Sate Sapi Suruh disajikan dengan lontong / ketupat yang pulen dan terasa lembut di mulut, lalu disiram dengan sambal kacang yang khas, teksturnya agak kasar karena kacangnya tidak ditumbuk terlalu halus dan rasanya gurih. Selain sate sapi, Warung Sate Sapi Suruh ini juga menyediakan menu lain yaitu bakso, dan mie ayam, Tapi memang pengunjung lebih tertarik untuk mencicipi Sate Sapi Suruh karena rasanya yang enak dan lezat.

3. Soto Ayam Esto

Terletak di Jalan Langensuko Nomor 4, Sidorejo, Salatiga, Soto Ayam Esto menyajikan hidangan soto yang lain daripada yang lain. Dikenal dengan sebutan soto kari ayam, Soto Ayam Esto disajikan dengan kuah santan berwarna kekuningan dan taburan karak atau kerupuk nasi.

4. Gecok Kambing Mbah Tini

Gecok kambing merupakan salah olahan berbahan dasar kambing dengan bumbu rempah yang kuat. Terbuat dari daging kambing yang dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah. Bila anda tak terlalu suka gecok yang citarasa rempahnya tajam, Gecok Mbah Tini bisa menjadi alternatif pilihan. Kuah gecoknya terlihat berwarna cokelat muda, agak beda dengan gecok berempah kuat yang kuahnya cenderung lebih pekat. Sebagaimana ciri khas Gecok Kambing khas Tlogo, kelapa sangrai juga ditambahkan ke dalam Gecok Mbah Tini untuk menciptakan rasa gurih alami sekaligus membuat kuah terlihat lebih kental.

5. Opor Bebek Mak Yah

Spesialisasi warung bebek Mak Yah ini memang olahan menu khas opor bebek, meskipun juga disedikan menu lain seperti bebek goreng ataupun ayam kampung goreng, tapi tentunya yang paling laris olahan opor-nya. Warung ini terletak di jalan alternatif Salatiga – Ambarawa (Jalur Lingkar Salatiga), terlatak di pinggir jalan daerah Muncul, Banyubiru. Buka mulai pukul 9 pagi sampai habis. Untuk proses memasak sendiri masih menggunakan metode tradisional dengan tungku dan kayu bakar.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.