Pesona Keindahan Pantai Baru di Bantul Yogyakarta

Kabupaten Bantul bisa dikenal salah satu kawasan di  Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal karena obyek wisatanya yang dapat memikat para wisatawan. Obyek-obyek Kabupaten Bantul mempunyai potensi obyek wisata yang cukup besar, yang meliputi obyek wisata alam, wisata budaya/sejarah, pendidikan, taman hiburan dan sentra industri kerajinan. Salah satunya adalah obyek wisata alam berupa pantai, tak hanya terkenal dengan keindahan Pantai Parangtritis namun saat ini telah dibuka salah satu obyek wisata baru yang bisa masuk ke dalam list agenda liburan Anda kali ini. Pantai Baru yang dibuka sejak tahun 2010 menjadikan destinasi wisata terbaru di Bantul. Mungkin agak sedikit asing ketika mendengar namanya, namun jangan salah ternyata pantai ini juga tak kalah keindahannya dengan pantai – pantai lainnya yang ada di Bantul seperti Pantai Parangtritis, Depok, maupun Samas. Lokasinya berada di Dusun Ngentak, Desa Poncosari, Kecamatan Srandak, Kabupaten Bantul.

Pantai yang terbilang masih baru dan bersih ini memiliki keindahan alam yang dapat memanjakan mata siapa saja yang berkunjung. Hamparan pasir yang luas dan berwarna hitam serta dipadukan dengan hempasan ombak yang cukup besar menambah nilai keeksotisan. Dapat Anda lihat di sekeliling pantai tersebut terdapat tanaman cemara udang yang tumbuh rimbun. Pantai ini memiliki luas yang terlalu besar yaitu sekitar 600 meter dan berbatasan langsung dengan Pantai Pandanismo di sebelah Barat dan Pantai Kwaru di sebelah Timur. Jika mendatangi pantai ini, pengunjung bisa menikmati keindahan deburan ombak dari laut lepas Samudra Hindia, dan juga menikmati sejuknya suasana dibawah rimbunnya tanaman cemara udang.

Hembusan angin laut yang berhembus akan membuat Anda betah berlama – lama di pantai tersebut apalagi area sekitar ditumbuhi dengan tumbuhan cemara udang. Sejak tahun 1999, tumbuhan cemara udang tersebut sudah ditanami karena bertujuan untuk mencegah abrasi. Lalu sejak tahun 2010, kawasan ini dikelola oleh masyarakat sekitar dan membuka untuk umum. Tak hanya itu saja keberadaan Pantai Pandansimo yang sudah terkenal lebih dulu kini dijadikan sebagai area tambak dikarenakan kurang menuarik sebagai obyek wisata.

Meskipun masih terbilang baru, obyek wisata ini menyediakan fasilitas lengkap seperti kamar mandi, mushola, dan jejeran warung kuliner yang siap memuaskan selera pengunjung akan seafood dengan harga terjangkau serta rasa yang lezat. Tempat Pelelangan Ikan pun tersedia disini , gunanya untuk menjual beragam hasil tangkapan para nelayan.

Untuk mencapai pantai ini, sangatlah mudah bahkan tidak perlu membuka google maps atau wikimapia. Jika Anda datang dari arah pusat Kota Yogyakarta cukup menyusuri Jalan Raya Bantul hingga Palbapang lalu belok ke kanan menuju Jalan Raya Srandakan. Terus saja hingga ketemu Jembatan Kali Progo. Ambil jalan ke kiri tepat sebelum jembatan Progo. Ikuti saja jalan aspal, hingga menemukan plang penunjuk arah Pantai Baru. Biaya masuk nya pun terbilang cukup murah yaitu sebesar Rp 3.000 saja jika Andaa tidak keluar jalur. Saat berada di pintu masuk, Anda sudah dapat menikmati keindahan Pantai Baru dan pantai lainnya yang ada di sekitar pantar tersebut seperti Pantai Kwaru, Pantai Goa Cemara, dan Pantai Pandansari. Jika menggunakan kendaraan bermotor roda dua, Anda cukup menambah biaya parkir di setiap pantai sebesar Rp. 2 ribu.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.