Kunjungi Lima Destinasi Wisata Favorit di Bandung untuk Menikmati Lebaran

Menteri Pariwisata, yakni Arief Yahya merupakan salah satu menteri di Indonesia yang berasal dari kota Bandung. Beliau sendiri yang menuturkan bahwa pada perhelatan #PesonaLebaranBandung akan ada ratusan tempat wisata yang bisa disinggahi. Sehingga semakin menjadikan lebaran sebagai moment berkumpul bersama seluruh anggota keluarga yang berkesan. Apabila selama libur lebaran tidak sempat mampir ke ratusan obyek wisata menariknya. Berikut beberapa lokasi pilihan yang bisa diprioritaskan:

  1. Menengok keindahan Kawah Putih Ciwidei,
    Kawah Ciwidei menjadi salah satu obyek wisata favorit wisatawan di Bandung, penampakan nya berupa kawah putih yang terbentuk dari letusan vulkanik. Pembentukan kawah ini bermula saat gunung Patoha meletus pada abad ke-10 lalu. Hasil letusannya membentuk kawah yang berisi air belerang yang setiap saat mengeluarkan asap putih sekaligus pemandangan yang mempesona. Lokasinya berada di Jl. Raya Soreang, Ciwidei, Bandung, dan berada di ketinggian 2.400 di atas permukaan air laut. Lokasi yang dingin menjadi daya tarik tersendiri dengan biaya masuk Rp 20 ribu per pengunjung.
  2. Balai Reservasi Rusa Ranca Upas,
    Bagi yang ingin menikmati liburan edukatif yang menyenangkan, setelah berkunjung ke Kawah Putih Ciwidei. Jangan lupa menengok Balai Reservasi Rusa Ranca Upas yang juga berada di kawasan Ciwidei, Bandung. Lokasinya menjadi tempat tinggal sekawanan Rusa yang bisa diberi makan wortel maupun jenis sayuran segar lainnya. Suasana yang tenang menjadikannya sebagai Bumi Perkemahan yang ideal untuk menikmati suasana pedesaan. Selain menyediakan lokasi berkemah, disini juga tersedia wahana air yang seru untuk dinikmati bersama keluarga. Lokasinya berada di Jl. Raya Ciwidei-Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Ciwidei.
  3. Danau Situ Patenggang,
    Lokasi wisata lain yang cukup dekat dengan Kawah Putih Ciwidei, adalah Danau Situ Patenggang yang menawarkan pemandangan indah dan romantis. Disini biasa dijadikan lokasi kunjungan bagi pasangan yang ingin langgeng, sebab memiliki legenda. Sebagai lokasi berjumpa nya Pangeran Putra Prabu dengan kekasihnya Putri Titisan Dewi setelah berpisah sekian lama. Selain menyuguhkan suasana romantis, pemandangannya cocok untuk mengisi liburan bersama keluarga sebab dikelilingi perkebunan teh yang hijau. Datang kesini hanya perlu membayar Rp 15ribu saja per orang, dan berada di Patengan, Rancabali, Bandung.
  4. Curug Malela,
    Bagi yang merasa perlu singgah ke obyek wisata air terjun, maka Curug Malela yang berada di Kampung Manglid, Desa Cidadas, Bandung Barat bisa dijadikan pilihan. Curug atau air terjun satu ini sangat populer sebab menampilkan ketinggian mencapai 70 meter dengan lebar sekitar 50 meter. Meskipun pengunjung yang melakukan perjalanan dari kota Bandung perlu menempuh perjalanan panjang sekitar 3 jam. Kemudian melalui medan yang terjal dan menantang, namun keindahan Curug Malela seolah impas dengan perjuangan tersebut.
  5. Goa Pawon,
    Bandung ternyata juga menyuguhkan lokasi wisata alam bernilai sejarah tinggi, salah satunya ialah Goa Pawon yang terletak di Desa Gunung Pasigit. Pengunjung yang hendak melihat langsung kondisi goa yang menjadi sumber koleksi Museum Geology Bandung. Disini menjadi lokasi kegiatan masyarakat atau manusia purba ratusan tahun silam. Keinginan untuk mencapai Goa Pawon membuat pengunjung harus melakukan pendakian ke Gunung Pasigit. Setelahnya bisa menikmati pemandangan da berbagai situs prasejarah di dalamnya.

Ditambah lagi dengan keberadaan Taman Batu atau Stone Garden, yang merupakan kawasan Cagar Geowisata dengan bebatuan karang menyerupai pemandangan di tepi pantai. Keberadaannya menjadi bukti bahwa dahulu Bandung merupakan lautan yang surut akibat terjadinya gempa vulkanik.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.