Bangka Belitung yang Indah Namun Sepi Pengunjung

Bangka Belitung memang menjadi daerah indah di Indonesia yang masih belum begitu dikenal oleh wisatawan dunia. Momentum gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 kemarin membuat Bangka Belitung mulai diketahui turis asing. Sebab dengan kejadian alam yang tidak terjadi sepanjang tahun tersebut membuat turis asing datang ke beberapa daerah di Indonesia untuk menyaksikan fenomena tersebut. Ternyata semua turis dari berbagai negara tidak hanya menyaksikan gerhana matahari total namun juga menjelajahi daerah yang dikunjungi.

Bangka Belitung yang Indah Namun Sepi

Beberapa turis yang ingin melihat gerhana matahari total bisa berkunjung ke tujuh provinsi di Indonesia, dan Bangka Belitung masuk ke dalamnya. Tidak heran jika beberapa daerah berhasil menyedot perhatian wisatawan asing yang berasal dari berbagai negara. Serentak beberapa daerah yang dilalui gerhana matahari total dipenuhi oleh orang luar negeri. Hal yang sama juga terjadi pada Bangka Belitung yang selama dua sampai tiga hari dari tanggal 8-10 Maret 2016 dipenuhi turis asing.

Beberapa turis yang singgah ke Bangka Belitung kemudian menyempatkan diri untuk menjelajahi isi pulau yang cantik dan memikat ini. Beberapa turis juga pernah berkunjung ke Indonesia sebelumnya, mereka mengaku berkunjung ke Pulau Bali. Setelah singgah di Bangka Belitung kebanyakan turis mengungkapkan rasa heran. Menurut pengamatan mereka, Bangka Belitung memiliki keindahan yang boleh dibilang sama menariknya dengan yang dimiliki Bali. Sayangnya keindahan tersebut tidak diketahui dan menjadikan pulau ini nyaris sepi oleh wisatawan.

Steve yang merupakan wisatawan dari Australia sengaja datang ke Bangka Belitung menyaksikan gerhana matahari. Ia mengatakan bahwa pantai indah yang ada disini masih sangat asri dan tidak banyak orang yang berada disana. Keindahan pantai berpasir putih dengan kondisi sepi seperti ini terlihat tanpa cela dan sempurna. Steve juga mengaku bahwa selama disini ia sering dimintai berfoto bersama dengan masyarakat setempat. Hal ini menunjukkan bahwa kedatangan turis asing berkulit putih pucat masih sangat jarang.

Menurut pendapatnya jika ia berkunjung ke Bali atau Jakarta sudah tentu tidak ada orang yang berminat berfoto dengannya. Meski ia juga mengakui bahwa banyak wisatawan Australia memilih datang ke Bali karena biaya kunjungan yang murah. Pulau Bali sebagai destinasi wisata semua turis dari berbagai penjuru dunia memberikan kemudahan akses dan biaya untuk singgah. Meski begitu keindahan yang disuguhkan Bangka Belitung baginya melebihi keindahan alam yang ditawarkan oleh Pulau Dewata.

Hal senada juga diungkapkan oleh turis asal Jerman, yang berujar sudah berkunjung ke Bali beberapa kali. Ia datang bersama pasangannya dan sudah menikmati keindahan Pantai Kuta dan Legian yang terlalu penuh oleh wisatawan. Baginya dan sang pasangan berlibur ke Bali memang menyenangkan sayangnya tidak terlalu cocok dengan suasananya yang sudah ramai. Melihat keindahan alam di Bangka Belitung yang sempurna dan masih sepi membuatnya tertarik datang lagi untuk liburan ke Indonesia ke sekian kalinya.

Memang perlu diakui bahwa moment gerhana matahari total menjadi salah satu momentum penting bagi dunia pariwisata di Indonesia. Berbagai daerah yang kaya akan obyek wisata indah dan sebelumnya tidak dikenal turis asing kini mulai dikenali sedikit. Keingintahuan turis asing untuk menikmati lebih dalam keindahan Bangka Belitung memberikan dorongan bagi pemerintah. Memajukan dunia pariwisata di daerahnya sehingga lebih dikenal dunia dan mampu memperbaiki perekonomian daerah.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.