Wisata ke Pulau Menjangan Bali

Pulau Menjangan adalah pulau yang berada di bagian barat laut Pulau Bali. Pulau ini ada di sebelah utara area Taman Nasional Bali Barat. Tepatnya di Desa Klampok, yang masuk dalam Kecamatan Grokgak, wilayah Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Sekitar 60 km jaraknya dari Lovina. Anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam dari Kuta dan sekitar empat  jam perjalanan lamanya dari Kota Denpasar. Mengapa dinamakan Pulau Menjangan? Karena pulau ini dihuni sekawanan menjangan, atau rusa, atau kijang liar. Pulau ini merupakan salah satu pulau terindah di Bali. Selain terkenal karena keindahan panorama alamnya, juga karena memiliki spot wall diving yang terindah, dan juga karena memiliki dunia bawah laut yang luar biasa indah. Di sekitarnya ditemukan terumbu karang yang indah yang juga dikatakan sebagai situs terbaik untuk memancing. Sayang sekali belum banyak yang mengetahui tentang keindahan pulau ini. Kebanyakan kalangan penyelam saja yang tahu. Bila Anda tertarik datang ke Pulau Menjangan, Anda harus tahu beberapa hal.

Perhatikanlah hal-hal berikut sebelum Anda pergi ke Pulau Menjangan. Agar perjalanan Anda menyenangkan dan nyaman, tidak kekurangan sesuatupun.

Beberapal hal yang wajib diketahui sebelum pergi ke Pulau Menjangan:

  1. Transportasi

Dari Denpasar kita  bisa naik mobil menuju Pelabuhan Gilimanuk sekitar 4jam. Lalu lanjutkan ke Taman Nasional, dari sana kita menuju Pelabuhan Menjangan sekitar 20 menit. Di pelabuhan ini banyak sekali kapal yang bisa disewa harian. Jangan kahawatir, bila Anda merasa tarif sewa kapal itu terlalu mahal, maka Anda bisa berbagi dengan rombongan lain.

  1. Akomodasi

Anda harus tahu bahwa di pulau ini tidak banyak jenis akomodasinya, hanya resor-resor yang mewah yang tentu saja sangat mahal harga sewanya. Maklum karena penghuni aslinya hanya menjangan, kijang dan rusa. Umumnya turis akan menyewa akomodasi berupa hotel, resor, atau penginapan yang harganya sangat terjangkau di sekitar Pelabuhan Gilimanuk. Atau bisa juga para turis menuju daerah Pantai Lovina di daerah Bali Utara. Pantai Lovina bisa ditempuh kurang lebih sekitar 1,5 jam.

  1. Makanan

Pastikan Anda tahu bahwa sangat susah untuk mendapatkan makanan disana. Maklum juga karena hanya menjangan penduduknya. Jadi Anda harus membawa bekal. Anda bisa memperoleh makanan lezat yang khas di daerah Gilimanuk, seperti Ayam Betutu yang lezat rasanya. Banyak sekali tempat yang menjual Ayam Betutu disana. Harganyapun bervariasi. Bila Anda menginap di daerah Pantai Lovina, banyak sekali pondok Ikan Bakar disana.

Setelah itu, Anda bisa menikamti beberapa aktifitas yang tentu saja sangat menyenangkan. Seperti:

  1. Diving

Berikut adalah beberapa tempat yang bisa dikunjungi di Pulau Menjangan untuk para penyelam:

  • Eel Gardens. Tempat ini di tepi barat Pulau Menjangan. Ini adalah tempat terbaik disana.
  • Secret Bay. Ini untuk pecinta micro diving, karena terletak di perairan dangkal.
  • Anchor Wreck. Ini adalah tempat untuk para penyelam andal. Anda bisa menemukan keindahan kapal karam yang bernama Kapal Budak atau Kapal Anker, yaitu kapal Belanda yang tenggelam di abad ke 19.
  1. Snorkling.  Banyak sekali orang-orang yang menyewakan peralatan snorkeling murah disana.
  2. Melihat-lihat pemandangan disana yang luar biasa.
  3. Trekking juga merupakan kegiatan yang menarik, karena Anda bisa melihat langsung menjangan, atau kijang atau rusa tersebut lebih dekat. Tetapi Anda dilarang menganggu mereka.
  4. Menikmati pemandangan bawah laut yang luar biasa sekalian memancing karena ada terumbu karang indah di sekitarnya. Orang bilang, situs ini adalah situs terbaik untuk memancing.

Jadi bagaimana dengan Anda yang belum pernah kesana? Setelah mengetahui garis besar tentang Pulau Menjangan dan mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan sebelum pergi ke sana, tertarikkah Anda untuk mengunjungi Pulau Menjangan Bali?

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.