Tempat Wisata Pulau Berhala Jambi

Pulau berhala jambi merupakan sebuah pulau yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, tepatnya di masuk dalam kecamatan Tanjung Beringin yang berada di Kabupaten Serdang Bedagai. Indonesia dengan banyak pulau, menjadikan beberapa pulau kecil menjadi objek wisata tersendiri yang banyak dimiati oleh para wisatawan luar ataupun dalam negeri. Pulau berhala jambi merupakan pulau paling Indonesia yang berada di Selat Malaka. Pulau berhala jambi berdekatan dengan Taman Nasional Berbak.

Bukan hanya keindahan pasir putih yang cantik mempesona karena berhias batu-batu vulkanik dengan ukuran besar, pulau ini juga kaya akan potensi hutan akar bahar, serta menyimpan beragam spesies terumbu karang yang terletak dalam jangkauan  200 m  dihitung dari bibir pantai. Pulau berhala jambi memiliki luas kurang lebih 2,5 hektar.

SEJARAH ATAU HISTORIS Pulau Berhala Jambi

Pulau berhala jambi memiliki nama yang unik, yang konon katanya nama tersebut diambil dari nama Raja Jambi pada jaman dahulu yaitu Datuk Paduke Berhale. Makam dari Raja Jambi tersebut juga berada di pulau berhala jambi tersebut.

Datuk Paduke Berhale memiliki nama asli Ahmad salim, yang merupakan pengembang agama Islam di Jambi. Beliau kemudian menikah dengan putri raja Jambi, sehingga saat Raja sudah tidak menjabat, tahta turun kepada Datuk Paduke Berhale.

Makan Datuk Paduke Berhale dapat Anda temukan setelah menempuh jarak kurang lebih 150 meter dengan melewati jalan setapak. Bukan hanya makam raja-raja, di pulau ini juga memiliki peninggalan sejarah, yaitu benteng kuno peninggalan Jepang dan meriam peninggalan kolonial Belanda.

LOKASI DAN AKOMODASI MENUJU Pulau Berhala Jambi

Transportasi untuk menuju lokasi Pulau berhala jambi terbilang cukup mudah, Anda dapat menggunakan transportasi darat yang dilanjutkan dengan transportasi air. Waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih 2 jam, angkutan darat yang dapat Anda gunakan adalah angkutan umum atau kendaraan pribadi. Untuk angkutan umum Anda hanya cukup mengeluarkan ongkos 15.000 rupiah. Perjalan kurang lebih 2 jam tersebut berujung di Suak Kandis, kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Nipah Panjang menggunakan speed boat. Nipah Panjang merupakan tempat dimana tersedianya pelabuhan untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau berhala jambi. Ongkos yang dikeluarkan menuju Nipah panjang berkisar antara 40.000 hingga 50.000 rupiah, Anda dapat melakukan negoisasi atau tawar menawar untuk ongkos tersebut. Perjalanan menuju Nipah Panjang hanya memerlukan waktu 1,5 jam. Setelah sampai di pelabuhan, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menyewa kapal seharga 1,5 juta rupiah (PP) dengan muatan 20 orang, sehingga disarankan untuk datang bersama rombongan. Perjalanan dari pelabuhan tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam hingga sampai ke Pulau berhala jambi.

Setelah sampai di tujuan yaitu Pulau berhala jambi, Anda akan disuguhi dua pulau lain yang berukuran lebih kecil disebelah pulau utama. Kedua pulau tersebut adalah pulau mercusuar dan pulau telur yang biasa digunakan penyu untuk bertelur.

Berikut beberapa tips untuk Anda yang ingin berwisata di Pulau berhala jambi :

–          Anda dapat meminimalkan badget dengan pergi secara berombongan

–          Untuk mendapatkan kondisi pantai yang tidak berombak, Anda dapat berwisata di bulan Mei hingga Oktober.

–          Sempatkan untuk bertanya mengenai sejarah Pulau berhala jambi selain untuk menambah pengetahuan Anda juga menjadi salah satu cara menghormati adat istiadat disana.

–          Anda dapat melakukan snorkeling saat air surut.

–          Anda dapat membawa bekal makanan dari rumah jika Anda berwisata tidak terlalu lama, karena makanan yang dijual di daerah Pulau berhala jambi cukup mahal.

Pulau berhala jambi memiliki fasilitas seperti hotel, resort, pemancingan dan wahana permainan laut.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.