5 Tempat Wisata Kuliner Solo, Menu Andalan Menggoyang Lidah!

Wisata kuliner Solo memang selalu menjadi informasi yang paling banyak dicari. Kota Solo tak hanya terkenal karena objek wisatanya yang begitu menarik untuk dikunjungi. Di mana di sana terdapat banyak wisata budaya, wisata sejarah dan wisata alam, tetapi di kota Solo juga terdapat banyak wisata kuliner yang layak untuk dikunjungi. Dengan berwisata ke kota Solo tentunya merupakan pengalaman baru yang tak terlupakan. Untuk itu, tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke berbagai tempat wisata kuliner yang ada di kota Solo berikut ini :

1. Roemahkoe Resto

Salah satu tempat kuliner yang sayang untuk dilewatkan di kota Solo adalah Roemahkoe Resto. Tempat ini biasa disebut dengan nama Restoran Laras, dan termasuk objek wisata kuliner Solo yang suasananya begitu akrab sekali dengan khas Jawa. Roemahkoe Resto ini terletak di Jl. Radjiman no.501 dan terletak di satu kompleks beserta penginapan dengan nuansa yang sama. Adapun menu kuliner paling unik sekaligus andalan dari Roemahkoe Resto ini yaitu nasi jemblung. Nasi jemblungi ini biasanya dihidangkan bersama semur lidah sapi. Tak hanya rasanya saja yang enak, tetapi penyajian nasi jemblung ini pun terlihat begitu cantik dan unik yang beralaskan dengan daun pisang. Sementara nasi sendiri dibentuk seperti cincin raksasa, lalu lidah sapi pun ditempatkan tepat di tengah cincin nasi itu sendiri.

2. Gudeg Ceker Bu Kasno

Seperti namanya, Gudeg Ceker Bu Kasno menawarkan wisata kuliner berupa gudeg ceker. Adapun gudeg ceker ini yaitu makanan khas dengan terdiri atas krecek, cakar ayam, daging ayam, telur, dan nangka muda. Gudeg ceker ini terletak di area pinggir jalan tepatnya di Margoyudan berdekatan dengan sekolah SMA 1 di kota Solo. Adapun tempat wisata kuliner yang satu ini biasanya buka di malam hari tepatnya jam 1 malam hingga jam 5 pagi.

3. Warung Selat Mbak Lies

Saat Anda pergi ke kota Solo, jangan lupakan untuk menikmati kuliner di Warung Selat Mbak Lies ini. Nama selat sendiri sebenarnya berupa salad, hanya saja namanya menjadi selat sebab penduduk sekitar biasa menyebutnya seperti itu. Objek wisata kuliner di Solo ini berada di Jl. Serengan No.42, kota Solo. Dengan menu kuliner andalannya yaitu selat bestik, yakni perpaduan irisan dari daging kapi, kentang goreng, selada, buncis, wortel, telur pindang, mayonaise Jawa, dan acar mentimun. Adapun pasangan minuman selad bestik ini yaitu es degan yang sangat menyegarkan. Selain itu, di tempat ini Anda dapat memilih gula putih, syrup atau gula jawa untuk dijadikan pemanisnya.

4. Sate Buntel Tambak Sagaran

Solo memang surganya kuliner dengan penyajian yang unik dan rasa yang sangat menggiurkan tentunya. Bagi Anda penyuka sate, namun bosan mencicipi sajian sate pada umumnya maka kini saatnya Anda mencoba mencicipi sate buntel yang berasal dari Solo. Sate buntel dibungkus terlebih dulu sebelum di bakar. Adapun kuliner yang satu ini terdiri atas cincang daging kambing yang telah dibumbui lalu dibungkus memakai lemak kambing yang tipis. Ketika di bakar, maka lemak pun meleleh sehingga menambah aneka cita rasa dari kuliner khas Solo ini. Sate Buntel Tambah Segaran berlokasi di Jl. Tambak Segaran no.39, kota Solo.

5. Timlo Sastro

Wisata kuliner paling menarik di kota Solo berikutnya yaitu Timlo Sastro. Timlo sendiri merupakan makanan yang berasal dari Solo dan berisi jeroan ayam, daging ayam potong, pindang telu ayam, ati ampela, serta potongan sosis khas solo yang kuahnya sama seperti sop pada umumnya dengan bagian atas ditaburi oleh bawang goreng yang menambah kesedapan makanan. Timlo Sastro terletak di pasar gede kota Solo di bagian belakang. Dengan rasanya yang menggoyang lidah, tak lengkap rasanya jika Anda tak pergi ke salah satu wisata kuliner Solo ini!

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.