Peta Pulau Seribu dan Tips Menikmati Wisata Kepulauan Seribu

Selama ini mungkin banyak diantara Anda yang salah menganggap pulau seribu sebagai kumpulan pulau dengan jumlah mencapai 1000 buah daratan, namun ternyata tidak, jika melihat peta pulau seribu maka hanya ada puluhan pulau kecil di kawasan yang masih termasuk sebagai pulau seribu. Beberapa diantaranya adalah pulau kecil yang akan tenggelam saat air pasang datang sehingga tak ada penghuninya. Sedangkan untuk pulau-pulau kecil lainnya seperti pulau tidung memiliki setidaknya luas yang cukup besar dan dihuni oleh beberapa orang.

Pulau seribu identik dengan keindahan alamnya, sejuta pesona wisata ditawarkan kepada Anda yang ingin bertandang, mulai dari putihnya pasir pantai dengan birunya air laut, belum lagi tawaran beberapa permainan air yang ada disini. Sayangnya lokasi wisata yang satu ini belum banyak yang mengetahui. Kebanyakan diantara wisatawan hanyalah yang berasal dari daerah Jakarta dan sekitarnya yang ingin menari suasana baru.

Peta pulau seribu akan membuat Anda lebih mengenal kekayaan alam yang ada di Indonesia. Sebagai negara kepulauan memang hampir setiap daerah yang ada di Indonesia menyimpan pesona wisatanya masing-masing, salah satunya kepulauan seribu ini. Kawasan tersebut memang tak hanya dimaksudkan untuk wisatawan saja, melainkan juga untuk penangkaran beberapa fauna asli, seperti diantaranya tempat penangkaran penyu bersisik yang ada di pulau pramuka. Juga konservasi hutan mangrove yang ada di pulau bidadari. Pastinya banyak pengalaman baru yang akan kamu dapatkan dengan mengunjungi kepulauan ini.

Nah untuk itu pada saat liburan panjang kali ini jangan lupa memasukkan kepulauan seribu pada agenda perjalanan Anda. Agar perjalanan kamu lebih menyenangkan berikut ini beberapa tips liburan ke pulau ini, yaitu:

1. Siapkan tempat menginap jauh-jauh hari sebelumnya, meskipun tergolong sebagai destinasi wisata yang tak terlalu besar, namun tiap pulaunya memiliki beberapa tempat penginap yang cocok untuk kamu jadikan sebagai pilihan. Tak lengkap rasanya bertandang ke pulau seribu tanpa menginap, mengingat tak hanya ada satu pulau menarik yang dapat kamu kunjungi, melainkan puluhan. Pilihlah salah satu sebagai tujuan menginap Anda. Banyak akomodasi murah yang ditawarkan.
2. Siapkan fisik, liburan tak akan menyenangkan jika kamu dalam kondisi yang kurang baik, selain persiapan biaya maka fisik adalah satu hal penting yang harus dipenuhi, pastikan bahwa kamu berada dalam kondisi yang cukup sehat untuk memulai wisata kesini. Karena kamu akan berkunjung ke sebuah kawasan yang baru pastinya nanti akan berdampak pada kondisi tubuh, sebaiknya siapkan vitamin C untuk dikonsumsi agar kekebalan tubuh tetap bagus.
3. Persiapan transportasi, untuk wisata kesini sebenarnya ada cukup banyak pilihan kamu mulai dari wisata menggunakan agen travel atau liburan sendiri, tentunya ada positif negatifnya. Menggunakan agen wisata memang tak perlu lagi memikirkan sarana transportasi, namun harga mahal dan juga terikat akan jam perjalanan sedangkan tidak bagi kamu yang liburan sendiri. Banyak transportasi laut yang akan menemani perjalanan Anda menuju pulau tersebut dengan tawaran biaya yang cukup murah pula.
4. Rencanakan jadwal, mulai dari keberangkatan, obyek mana saja yang akan kamu kunjungi hingga pulang nantinya, ini dimaksudkan agar kamu bisa mengunjungi semua obyek tanpa kecuali dan menikmati perjalanan.
5. Jangan lupa mencicipi kuliner khas daerah setempat dan membawa pulang oleh-oleh khasnya.

Itulah sedikit tips bagi Anda selama liburan ke pulau seribu. Peta pulau seribu bisa menjadi acuan kamu dalam berkunjung ke obyek wisatanya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.