Pesona Keindahan Alam di Pulau Sumatera

Saat pertama kali mendengar Sumatera pasti yang terlintas dalam pikiran kita adalah wisata kulinernya yang sudah populer di Indonesia. Tak memungkiri bahwa salah satu kawasan yang ada di sini, utamanya adalah Padang memang menjadi penghasil kuliner yang lezat, bahkan hampir di setiap kawasan yang ada di Indonesia kamu bisa dengan mudah menjumpai rumah makan dengan konsep masakan Padang namun jangan hanya melihat dari potensi wisata kulinernya saja karena pada kenyataannya masih banyak wisata lain yang harus kamu rasakan selama berada di sini.

Sumatera merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia yang cukup terkenal dengan keaslian alamnya. Belum banyak hutan yang ditebang dan dijadikan sebagai pemukiman. Pulau yang satu ini terbilang masih asri, bahkan di beberapa kawasan hutan lindung masih banyak dijumpai beberapa satwa asli, meskipun tak terlalu banyak. Beberapa flora endemic juga masih ada, seperti diantaranya adalah Rafflesia Arnoldi atau bunga bangkai. Kebanyakan diantara hutan yang ada disini dijadikan sebagai tempat penelitian tanaman langka tersebut. Tak hanya oleh peneliti di dalam melainkan juga luar negeri.

Satu lagi yang tak boleh ketinggalan selain melihat flora dan fauna di dalamnya yaitu potensi wisata alam, tentunya tak jarang diantara Anda yang mengenal beberapa nama tempat wisata alam yang cukup terkenal disini. Baik itu pegunungan, pantai atau bahkan gua – gua yang masih jarang dijamah manusia. Pada daerah Sumatera bagian barat saja misalnya kamu akan menemukan beberapa potensi wisata unggulan. Bahkan baru-baru ini pemerintah kabupaten lima puluh kota,. Mencanangkan setidaknya ada 7 potensi wisata unggulan yang rencananya akan di prioritasnya pembangunannya selama 5 tahun mendatang.

Tentunya dari destinasi tersebut akan terfokus pada semua bidang, diantaranya adalah wisata budaya, mereka mengharapkan budaya lokal dan beberapa kerajinan tangan khas dari kawasan ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat di daerah lain, jika bisa hingga ke mata dunia. Kemudian juga ada sektor wisata alam. Tak memungkiri bahwa di Sumatera sendiri potensi yang satu ini sangat banyak, kecantikan pantai, kemudian juga kawasan berbukitnya.

Apalagi adalah sekitar sejarah, agro dan saint, sektor ilmu pengetahuan memang sengaja dimasukkan kesini karena memang tak memungkiri bahwa salah sat daya tarik dari wisatawan khusus yang berasal dari luar negeri untuk berkunjung ke Sumatera bagian barat ini memang karena ilmu pengetahuan. Kamu akan menjumpai beberapa hal unik dan belum banyak ditemukan di kawasan Indonesia lainnya, para ilmuan tertarik untuk meneliti hewan endemic maupun tumbuh-tumbuhan tertentu.

Kawasan Sumatera memang satu yang mendapatkan jenis tanah gambut terbaik, tak memungkiri jika misalnya beberapa jenis tumbuhan yang rak bisa hidup di tanah-tanah lainnya bisa berkembang biak dengan sangat subur disini. Anda sendiri yang tengah mendalami ilmu yang berhubungan dengan tanaman tak ada salahnya sekali-kali melakukan penelitian kesini. Wisata saint juga dibuka cukup banyak. Seperti diantaranya adalah beberapa kawasan wisata yaitu pembibitan ternak unggul hijau pakan, taman teknologi pe5tanian kecamatan guguk hingga padang mengatas.

Sektor sejarah akan menekankan kepada kecamatan bukit barisan yang sudah berdiri sejak ribuan tahun yang lalu, , monumen bela negara kota tinggi. Paling banyak tawarannya lagi memang wisata alam, mereka akan menekankan pada beberapa obyek yaitu lembah harau dan pemandian barang tabik. Dalam jangka waktu 5 tahun ke depan diharapkan sudah banyak perubahan utamanya pada tingkat kunjungan wisatawan kesini.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.