Jalan – Jalan ke Surabaya, Jangan Lupa Cicipi Kuliner Khas Surabaya yang Satu Ini Ya…

Surabaya merupakan salah satu kota pahlawan yang terkenal dengan Arek – Arek Suroboyo. Di kota ini banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Tak hanya obyek wisata alamnya saja, namun juga kamu wajib berwisata kuliner disini apalagi ada salah satu makanan khas Surabaya yang cukup terkenal yaitu Ketan Punel. Ketan punel ini bisa kamu temui ketika berwisata kuliner pada malam hari di Kedai Ketan Punel Jalan Raya Darmo atau lebih tepatnya berada di Taman Bungkul. Ketan Punel yang disajikan di kedai ini pun sama dengan ketan punel pada umumnya hanya saja rasa pada ketan punel di kedai ini sedikit berbeda. Ketan Punel ini merupakan makanan khas Surabaya yang terbuat dari beras ketan yang dinanak lalu kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang. 

Keunikannya sendiri beda dengan ketan – ketan lainnya karena di kedai ini ketan punel tersebut dikolaborasikan dengan rasa – rasa yang membuat ketagihan para pelanggannya. Ada beberapa varian rasa yang bisa Anda cicipi seperti rasa serbuk kedelai, rasa serundeng pedas, Rainbow, Gula Jawa, Abon, dan Cokelat. Aneka pilihan rasa tersebut berupa taburan di atas ketan yang dicampur dengan parutan kelapa. Awal mulanya ide tersebut muncul karena proses pembuatan makanan yang berbahan dasar dari ketan tak terlalu sulit apalagi kalau ketan saat ini sudah jarang sekali ditemui di wilayah perkotaan. Sang pemilik kedai ketan punel tersebut menuturkan jika orang – orang yang menjual ketan saat ini hanya di pagi hari saja kalau tidak di malam hari, kesempatan tersebut ia gunakan untuk menjual ketan pada siang hari nya.

Sang pemilik di bantu dengan istrinya membuat ketan punel dengan beberapa varian rasa, ketan yang digunakan pun adalah ketan impor karena untuk menjaga kualitas ketannya. Untuk cara pengolahannya pun, sang pemilik tak mencampur bahan tambahan lainnya seperti bahan pengawet makanan atau beras agar dapat untung. Biasanya ia mendapatkan bahan baku tersebut dari Kawasan Wage Sidoarjo. Jika Anda berkunjung ke kedai tersebut, Anda akan merasakan suasana yang nyaman layaknya suasana di pedesaan karena pemilik mendesain kedai tersebut menggunakan babu mulai dari tempat duduk yang terbuat dari bambu, piring dan cangkir minum terbuat dari kaleng.

Varian rasa ketan punel yang ada di kedai ini bermacam – macam, ada ketan durian, ketan pisang, ketan coklat keju susu, ketan nanas, ketan abon, ketan susu, ketan meises, ketan bubuk kedelai, ketan serundeng pedas, ketan rainbow, dan ketan gula jawa. Soal harga kamu tak perlu khawatir, karena untuk seporsi ketan punel dipatok harga mulai dari Rp. 5 ribu hingga Rp. 15 ribu.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.