Pantai Watu Kodok, Destinasi Wisata Alternatif di Gunungkidul Untuk Berlibur

Sebagai salah satu tujuan wisata andalan di Indonesia, Yogyakarta juga merupakan surganya para pecinta pantai. Wisata pantai di Jogja memang sering menjadi alternatif yang banyak diminati. Melihat luasnya air laut yang membentang dan ombak yang sesekali menghantam batu karang. Bermain air di bibir pantai dan bahkan banyak yang rela untuk basah kuyup demi menikmati suasana di sekitar pantai. Salah satu pantai yang wajib kamu kunjungi ketika sedang berkunjung ke Yogyakarta adalah Pantai Watu Kodok yang berada di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Pantai Sepanjang yaitu berjarak sekitar 1,6 Km. Dari Pantai Sepanjang, kamu cukup melakukan perjalanan ke arah timur. Namun tak perlu khawatir akan tersasar karena di pinggir jalan terdapat papan yang menunjukkan jalan menuju Pantai Watu Kodok.

Pantai Watu Kodok ini memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang yaitu sekitar 600 meter saja, namun keindahan alamnya sudah tak diragukan lagi. Disana juga terdapat gazebo Рgazebo yang sudah disediakan oleh warga sekitar dan bisa digunakan sebagai tempat untuk bersantai sambil menikmati keindahan pantai. Dari setiap sudut Pantai Watu Kodok, para wisatawan bisa menikmati keindahan alamnya jadi tak hanya dari pinggir pantai saja. Berada tak jauh dari Pantai Watu Kodok, tepatnya di sebelah timur garis pantai terdapat Bukit Karang yang menambah keeksotisan dari pantai tersebut. Nah, untuk menuju bukit karang tersebut kamu bisa menggunakan kendaraan dan parkir tepat di bawah bukit karang tersebut. Dari area parkir, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalanan kaki melewati jalanan setapak.

Menurut salah seorang masyarakat, bukit karang tersebut dinamakan dengan Bukit Watuwalang dan baru dibuka pada tahun 2010 yang lalu. Saat pertama kali dibuka, jalan menuju bukit karang tersebut berupa semak – semak pohon pandan lalu warga setempat berinisiatif untuk membuka jalan menuju bukit karang tersebut. Saat ini jalanan tersebut sudah di ratakan sehingga sudah bisa dikunjungi. Saat berada di atas bukit karang tersebut, kamu akan merasakan nuansa sejuk dengan angin pantai yang sepoi – sepoi. Sejauh mata memandang kamu bisa melihat keindahan biru nya air laut yang dapat menyegarkan pikiran mu kembali. Ditambah lagi dengan deburan ombak yang pecah menghantam karang, menambah megahnya nuansa di sanubari.

Tak hanya itu saja, kamu juga dapat menikmati panorama alam yang menawan sangat memanjakan mata. Bukit karang tersebut memisahkan dua pantai, yaitu Pantai Drini dan Pantai Watu Kodok. Dari atas bukit karang tersebut, pengunjung bisa menikmati kedua pantai nan eksotis itu. Panorama pantai dari ketinggian bukit, membuat pemandangan lanskap yang sangat indah. Pantai Drini yang berada di sebelah timur bukit karang tersebut, terlihat sangat cantik dengan bukit batu karangnya yang nampak megah dari kejauhan. Kapal – kapal nelayan dengan cat biru yang berjajar rapi di pinggir Pantai Drini, menambah pemandangan yang tampak eksotik.

Di sebelah barat, panorama Pantai Watu Kodok dari bukit karang tersebut, juga tak kalah menawan. Lekukan indah garis pantai nampak luas, dengan perbukitan karang yang hijau, menambah betah para pengunjung untuk berlama-lama menikmati panorama alam sekitar di atas bukit karang tersebut. Di puncak bukit karang, juga terdapat gazebo-gazebo yang disediakan untuk bersantai para pengunjung.

Share this:

Leave a comment