Mie Lampung Pak Kardi, Kuliner Kota Semarang yang Patut Untuk Dicoba

Semarang adalah salah satu kota besar di Indonesia yang merupakan ibukota provinsi Jawa Tengah. Sebagai salah satu kota besar, Semarang mempunyai daya pikat dari berbagai sisi, salah satunya sebagai tujuan wisata. Jika membicarakan tentang pariwisata tidak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang wisata kuliner khas semarang. Kuliner khas semarang didominasi dengan masakan khas jawa, sehingga dengan mudah kita dapat menemukan gudeg, wedang ronde, nasi pecel dan lainnya. Salah satu kuliner yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Semarang adalah Mie Lampung. 

Salah satu kedai Mie Lampung yang sudah sangat terkenal di Semarang adalah Mie Lampung Pak Kardi yang lokasinya berada di Jalan Sriwijaya. Menu yang disuguhkan berupa bakmi dan menu seafood. Awal mulanya kedai Mie Lampung berdiri karena pemiliknya yang bernama Widi Sukardi dulunya kerja sama dengan pemilik warung mie di Semarang dan kebetulan pemiliknya tersebut berasal dari Lampung. Setelah kedai tersebut tutup baru kemudian terlintas buka kedai dengan menggunakan nama Mie Lmpung juga. Mengingat di sana tidak ada regenerasi lagi dari warung Mie Lampung milik bos nya terdahulu maka ia memiliki ide untuk membuat warung sendiri.

Meskipun hingga kini masih terpengaruh dari keberadaan warung Mie Lampung sebelumnya namun menu mie yang disajikan di kedainya tetap menghasilkan ciri khas tersendiri. Citarasa nya diadopsi dari Chinese Food karena hal ini tidak lepas dari pengalaman bekerja sebelumnya. Hanya saja ada sedikit perbedaan dalam mengelola bumbunya. Kalau Chinese Food menggunakan bumbu beraroma kuat namun Mie Lampung miliknya tidak memiliki aroma yang kuat. Dan yang menjadi pembedanya adalah tambahan bawang putih dan bawang gorengnya. Menggunakan nama Lampung, tak jarang jika para pengunjungnya menanyakan asal Mie Lampung tersebut.

Mie yang digunakan untuk meracik Mie Lampung tersebut merupakan mie yang diproduksi sendiri. Tak hanya mie saja yang di produksi sendiri namun ada juga kwetiaw. Salah satu alasan kedai Mie Lampung ini bisa bertahan selama belasan tahun karena penggunaan mie nya yang non pengawet. Menu yang menjadi unggulan di kedai Mie Lampung Pak Kardi adalah Bakmi Goreng dan Mi Tami.  Mi Tami yang gurih dan kenyal dengan siraman kuah dan sayuran serta diberi tambahan irisan bakso ikan, daging ayam, dan telur. Menu lainnya yang bisa dipesan adalah Bakmi Goreng Spesial dan Bakmi Goreng Seafood.

Untuk Mi Tami, penyajiannya mirip dengan ifumie. Semangkuk mi kering yang disiram dengan kuah panas lengkap dengan tambahan sayuran. Mi kering ini membuat rasa jadi gurih. Disajikan kering, siraman kuah panas membuat mi sedikit demi sedikit terasa kenyal. Isiannya juga cukup banyak seperti sayur sawi, wortel, kubis, bakso, cumi dan daging ayam. Seporsi bakmi goreng dan Mi Tami masing – masing dibanderol Rp 15 ribu dan Rp 17 ribu. Tidak hanya di Jalan Sriwijaya, Kedai Mie Lampung Pak Kardi ini juga terdapat di Jalan Kelud Raya dan Jalan Kusumawardani Semarang. Buka Mulai Pukul 11.00 – 22.00.

Share this:

Leave a comment