Melihat Keindahan Sunset dari Candi Prambanan

Seperti yang kita ketahui jika Candi Prambanan adalah salah satu peninggalan abad ke – 9 paling berharga yang dimiliki oleh Indonesia. Sejak tahun 1991, Candi Prambanan ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar budaya dunia yang harus dilindungi keberadaannya. Candi Prambanan memiliki ketinggian 47 meter atau lebih tinggi 5 meter dari Candi Borobudur. Destinasi wisata yang satu ini sudah cukup populer di kalangan wisatawan lokal hingga mancanegara. Tak heran jika saat Libur Nasional dan libur akhir pekan tiba banyak wisatawan yang berkunjung ke candi ini.

Melihat keindahan candi tak melulu harus dari jarak yang dekat, selalu ada sisi lain yang membuat candi tersebut menjadi  terlihat istimewa. Saat kita melihat nya dari jauh, Candi Prambanan ini akan terlihat semakin megah dan elegan, apalagi jika dari ketinggian. Sekitar 3 km ke arah Selatan dari Candi Prambanan terdapat kawasan perbukitan, dimana di kawasan tersebut terdapat beberapa spot wisata yang menyajikan pemandangan sunset yang begitu istimewa. Mau tahu dimana saja lokasinya? Simak ulasannya dibawah ini ya!

1. Istana Ratu Boko

Banyak wisatawan yang mengira jika Ratu Boko adalah sebuah candi seperti Candi Prambanan, Candi Ijo, dan sebagainya. Namun faktanya hanya ada beberapa candi saja di kawasan ini dan bentuknya pun tak semegah candi – candi di Kawasan Prambanan. Ratu Boko merupakan sebuah kompleks bekas istana yang dimana memiliki area yang luas dan terdapat kolam serta area lapang yang mirip dengan alun – alun. Ratu Boko cukup terkenal di Kota Jogja sebagai spot terbaik untuk melihat sunset saat sore tiba. Dengan foreground bangunan gapura yang ikonik, sunset di Ratu Boko memang terlihat begitu indah. Keindahan Candi Prambanan bisa kamu lihat dari kawasan Ratu Boko.

2. Candi Barong

Candi Barong merupakan salah satu candi yang megah dengan panorama keindahan alam yang mempesona. Namun sangat disayangkan jika candi ini tak banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang cukup sulit diakses. Letaknya berada di sebuah bukit tepatnya di atas Candi Banyunibo. Pemandangan alam yang ditawarkan pun cukup mempesona yakni lembah berupa area persawahan. Dari kawasan ini, kamu bisa melihat Candi Banyunibo yang berada di bawahnya. Letaknya yang berada di sebuah bukit menjadikan candi ini sebagai lokasi yang pas untuk berburu sunset.

3. Candi Ijo

Candi Ijo berada di ketinggian 425 Mdpl dan merupakan salah satu candi tertinggi di Kota Jogja dalam hal lokasi. Sama seperti candi yang lainnya, Candi Ijo memiliki bangunan yang cukup megah yang dimana terdapat sebuah candi utama yang memiliki ukuran cukup besar dengan dua buah candi pewara di depannya.  Jika tidak sedang tertutup kabut, pemandangan dan suasana sore di sekitar candi ini benar – benar istimewa dengan pemandangan sunset nya yang mempesona.

4. Spot Riyadi

Dari Spot Riyadi ini, para wisatawan bisa melihat gagahnya Gunung Merapi serta area persawahan di bawahnya. Hal yang paling istimewa dari obyek wisata yang satu ini adalah kita bisa melihat bangunan candi – candi di kompleks Candi Prambanan. Candi – candi tersebut terlihat sangat mencolok dan menjulang di antara bangunan – banguann dan pohon – pohon di sekitarnya. Lokasi spot ini berada di dekat resort Abhayagiri. Tak hanya asyik dikunjungi saat sore hari saja, namun Spot Riyadi juga merupakan tempat menarik untuk menikmati pemandangan sunrise. Tempat ini dulu hanya diketahui oleh segelintir orang yang memiliki hobi fotografi. Namun, namanya kini semakin terkenal di kawasan wisatawan. Tempat ini akan mengingatkan kita pada Punthuk Setumbu di Magelang

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.