Selain Terkenal Hasil Tambangnya, Sejumlah Potensi Wisata di Bojonegoro Wajib Untuk Dieksplorasi

Bojonegoro merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kawasan tersebut cukup terkenal dengan hasil alamnya berupa tambang yang sangat melimpah. Selain hasil tambang nya, Bojonegoro juga memiliki destinasi wisata seperti salah satunya adalah Kayangan Api. Mungkin cukup asing di telinga wisatawan, namun keindahan alam sekitarnya tak perlu diragukan lagi. 

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini menyuguhkan panorama keindahan alam berupa api abadi yang tak pernah padam sejak jaman dahulu. Lokasinya berada di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Kekayaan alam dari desa ini memang cukup banyak, terutama gas alam. Menurut penelitian, api kayangan Bojonegoro ini menyala karena di dalam perut bumi, terdapat mineral gas alam. Gas alam ini terkena nyala api. Karena terdapat dalam jumlah yang cukup banyak dan muncul terus menerus, maka nyala api di tempat wisata Kayangan Api Bojonegoro sama sekali tidak pernah padam. Api ini akan semakin membesar pada sore dan malam hari.

Tak hanya wisata Kayangan Api saja, namun kamu juga bisa menemukan destinasi wisata lainnya yang tak kalah indahnya yakni berkunjung ke sebuah desa wisata. Sekitar ada 5 kawasan yang bisa kamu kunjungi yakni Desa Bji, Kawengan, Hargo Mulyo, Wonocolo dan Kadewan. Di desa wisata ini menyuguhkan kawasan wisata berupa area bebatuan dan tanah kering sehingga sangat cocok untuk kamu yang menyukai aktivitas ngetrail sepeda motor. Tapi disarankan untuk kamu yang ingin mencoba arena balap ini disarankan untuk tidak berkunjung saat musim hujan tiba karena kawasan akan becek. Sebaliknya datang saja pada musim kemarau agar kamu bisa merasakan secara langsung bagaimana rasanya sensasi bersepeda off-road di tanah yang tandus.

Lalu selain area untuk balap motor sendiri masih ada beberapa wisata alam yang ditawarkan, salah satunya adalah wisata agrowisata. Walaupun kawasan Bojonegoro cukup jauh dari hawa sejuk dan dingin, namun daerah ini memiliki tanah yang sangat subur. Tanah tersebut bisa digunakan untuk bercocok tanam buah – buahan, sayuran, atau jenis tanaman herbal.

Tak ketinggalan juga sebuah tempat wisata edukasi bagi anak – anak, yaitu berkemah atau camping bersama dengan keluarga. Berkemah bisa menjadi sarana untuk anak – anak agar terbiasa dengan alam bebas. Wisata alam ini berada di desa yang masih asri dengan kehidupan pedesaan yang masih sederhana.Setelah puas jalan – jalan, jangan lupa untuk membeli aneka souvenir dan cenderamata khas Bojonegoro. Umumnya cenderamata khas dari Bojonegoro berupa rajutan tas jinjing dan juga gantungan kunci dengan botol kecil yang diisi dengan minyak mentah, apalagi keberadaan minyak disini memang sangat berlimpah.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.