Lakukan Persiapan Berikut Sebelum Liburan ke Pulau Pahawang

Berlibur akan semakin sempurna dan menyenangkan jika sudah direncanakan dengan baik jauh sebelum berangkat. Meskipun lokasi wisata yang akan dikunjungi lumayan dekat namun usahakan selalu menyiapkan rencana sebelumnya. Meskipun sensasi liburan secara mendadak ternyata juga menyenangkan, namun jika berada di obyek wisata minim fasilitas bisa membuat kelabakan sendiri. Daripada bermain – main dengan resiko di lokasi yang jauh dari rumah maka selalu buat rencana dahulu sebelum berkunjung ke lokasi wisata.

Hal yang sama juga berlaku bagi wisatawan asal Jakarta yang hendak berlibur ke Pulau Pahawang yang terletak di Lampung Selatan, Sumatra Barat. Mendengar nama Pulau Pahawang mungkin Kita akan sungkan menolak berkunjung kesana. Sebab menawarkan banyak obyek wisata sekaligus kegiatan liburan yang tentunya beragam dan menarik untuk dilakukan. Ada banyak spot kegiatan wisata menarik disajikan di Pahawang, mulai dari Pahawang Besar, Pahawang Kecil, Kelagian Besar, dan juga Kelagian Kecil.

Perencanaan Liburan ke Pulau Pahawang

Pulau Pahawang sendiri sebenarnya berada di Kabupaten Pesawaran yang menuju ke lokasi tersebut memerlukan rangkaian transportasi. Bagi warga Jakarta bisa memanfaatkan transportasi udara menuju Bandara Internasional di Lampung. Kemudian bisa juga memilih jalur laut, yang membuat Kita perlu menyeberang laut menuju ke Pelabuhan Bakauheni menuju ke pusat kota Lampung sebelum menyeberang lagi untuk sampai ke Pulau Pahawang. Ada beberapa bentuk persiapan yang perlu di rencanakan sebelumnya, yaitu:

1. Temukan akses terbaik ke Pahawang,
Menuju ke Pulau Pahawang secara umum bisa ditempuh melalui dua jalur, yakni jalur udara dan juga jalur laut. Wisatawan dari Jakarta bisa memilih jalur udara dan mendarat di Bandara Radin Inten II yang kemudian dilanjutkan ke beberapa lokasi wisata yang diinginkan. Sementara bagi yang memilih jalur laut, bisa menggunakan kapal dari Pelabuhan Merak dan menepi di Pelabuhan Bakauheni di Lampung. Selanjutnya bisa menyewa mobil menuju ke Pelabuhan Ketapang, kemudian menyewa boat untuk sampai ke Pahawang Besar.

2. Memilih akomodasi yang nyaman,
Berlibur ke Pulau Pahawang membuat Kita bisa menemukan banyak tempat menginap, yang secara khusus hanya bisa dijumpai di Pahawang Besar. Disini terdapat tiga dusun yang menyediakan banyak tempat menginap, yaitu dusun Jelarangan, Pagetahan, dan juga Cukuh Nyai. Penginapan yang bisa dipilih mayoritas adalah berbentuk villa yang bisa diperoleh dengan biaya Rp 2 juta sampai Rp 3 juta per malamnya. Untungnya satu villa ini bisa dijadikan tempat beristirahat berombongan sebab bisa memuat 15-40 orang dan sudah dipenuhi kebutuhan makan oleh pemilik villa.

3. Listrik yang belum ada,
Pulau Pahawang hingga saat ini memiliki sekitar 900 kepala keluarga yang oleh pemerintah dianggap belum cukup mendapatkan pasokan listrik. Artinya selama di Pahawang, wisatawan tidak akan menemukan listrik baik di lokasi wisata maupun tempat menginap. Namun sebagai destinasi wisata pilihan masyarakat setempat masing-masing memiliki genset. Sehingga meski belum ada listrik dari pemerintah namun nyala lampu bolam bisa dijumpai.

4. Waktu tepat berlibur kesini,
Sebagai destinasi wisata berbentuk kepulauan membuat kegiatan wisata selalu berkaitan dengan dunia air laut. Kegiatan seperti diving dan juga snorkeling menjadi agenda wajib semua wisatawan yang berkunjung kesini. Maka sebagai tindakan aman sebaiknya berkunjung kemari saat menjelang musim kemarau dan menghindari angin barat. Sehingga kegiatan menyeberang laut dan kegiatan selama liburan tetap aman dan nyaman untuk dilakukan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.