Temukan Musim Terbaik Menjelajahi Wisata Pesisir Selatan

Pesisir Selatan yang merupakan salah satu kabupaten kaya obyek wisata potensial di Sumatra Utara memang selalu rutin dikunjungi wisatawan. Pengunjung yang datang pun umumnya memilih moment liburan panjang anak sekolah, tanggal merah beruntun, atau saat akhir pekan. Pesisir Selatan selalu ramai dikunjungi wisatawan karena memang kaya akan lokasi wisata yang unik dan menarik. Pengunjung pun tidak hanya dari masyarakat di Sumatra namun juga dari Pulau Jawa dan pulau lain di tanah air.

Berkunjung ke kabupaten ini membuat Kita bisa menyambangi Pantai Carocok Painan, Bukit Langkisau, Pulau Cingkuak, Kawasan Maritim Mandeh, dan masih banyak lagi. Banyaknya pilihan lokasi yang bisa dikunjungi membuat wisatawan tidak cukup datang kemari hanya sekali. Beberapa wisatawan bahkan mengaku sudah datang untuk ke sekian kalinya supaya bisa menelisik keunikan lokasi wisata lain yang disajikan Pesisir Selatan. Sebagai daerah kepulauan membuat obyek wisata di dalamnya merupakan wisata bahari atau maritim.

Kapan Musim Terbaik Mampir ke Pesisir Selatan?

Sebagai destinasi wisata bahari tentu memerlukan perhitungan waktu yang tepat supaya puas berada di lokasi tersebut. Perencanaan yang matang menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menikmati liburan akhir pekan atau liburan anak – anak secara maksimal. Jangan buru – buru membeli atau memesan tiket perjalanan menuju ke Pesisir Selatan jika kondisi musim tidak mendukung. Sebab sangat dianjurkan bagi wisatawan untuk pergi berlibur kemari saat musim kemarau yang jarang atau tidak turun hujan. Kondisi obyek wisata akan cukup berbahaya dan merepotkan saat hujan turun.

Berlibur kemari memang sebaiknya menghindari musim hujan, sebab hujan bisa turun tiba-tiba dan merusak moment liburan yang dilakukan. Ada beberapa alasan mengapa menghindari musim hujan untuk datang ke kawasan wisata di Pesisir Selatan, yakni:

1. Menghindari ombak yang garang,
Air laut di kawasan Pesisir Selatan memang dikenal tenang, namun dengan catatan hujan tidak turun sehingga benar – benar aman melakukan kunjungan lewat jalur laut. Menuju ke pulau-pulau terbaik menuntut wisatawan memakai jalur laut, saat hujan turun maka ombak akan berubah menjadi ganas.

Keselamatan selama menyeberang menuju satu pulau ke pulau lainnya akan dalam kondisi yang tidak aman. Rentan resiko kecelakaan atau kapal kehilangan kendali sehingga bisa mengancam jiwa wisatawan yang naik ke kapal tersebut. Demi keamanan dan kenyamanan menjelajahi berbagai pulau unik dan cantik di Pesisir Selatan maka selalu pilih musim kemarau sehingga ombak lautnya selalu tenang dan aman.

2. Maksimal menikmati kegiatan air,
Kegiatan wisata yang disuguhkan di semua tempat wisata Pesisir Selatan memang berhubungan dengan kegiatan air laut dan pantai. Cuaca sangat mempengaruhi apakah kegiatan air tersebut bisa dinikmati atau tidak. Sebab olahraga air, seperti snorkeling ataupun diving, dan sebagainya membutuhkan dukungan cuaca yang cerah dan tenang. Saat hujan turun maka keselamatan pengguna fasilitas kegiatan air tersebut akan kurang atau tidak aman sehingga berbahaya.

Toh, siapa pun pasti tidak akan menghendaki menikmati olahraga snorkeling saat ombak besar dan tubuh basah oleh air hujan yang dingin. Air hujan yang turun juga membuat air di dasar laut menjadi keruh sehingga kegiatan diving terganggu. sebab tidak bisa menikmati keindahan dasar laut yang merupakan magnet utama wisatawan mampir ke Pesisir Selatan. Memahami konsekuensi memilih musim hujan berlibur sepertinya akan jauh lebih aman dan menguntungkan jika menunggu musim kemarau tiba.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.