Menikmati Keindahan Gunung Bromo dari Sisi yang Berbeda

Gunung Bromo adalah salah satu pariwisata di Jawa Timur yang sangat populer. Bromo dikatakan sebagai gunung dengan pemandangan sunrise terbaik di Indonesia. Karena itu, banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Gunung Bromo.

Masyarakat suku Tengger, suku asli dari Bromo bermukim di desa yang bernama Argosari. Desa yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Lumajang ini menyimpan tempat wisata yang cantik. Tidak salah lagi, tempat wisata itu bernama Puncak B29. B29 sendiri diambil dari nama patok Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Puncak B29 memiliki keindahan alam yang belum terlalu banyak diekspos, tidak seperti Gunung Bromo. B29 memberikan panorama alam terbaik bagi kalian yang mengunjunginya. Kalian akan merasa seperti berada di atas awan, seperti berada di negeri dongeng. Hamparan awan menutupi puncak-puncak gunung membuat kalian seperti berada di atas awan. Ditambah dengan pemandangan sunrise yang sangat menawan, dijamin akan memanjakan mata siapa saja yang melihatnya.

Puncak B29 mampu memikat hati wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri, terutama mereka yang menyukai tracking pegunungan. Puncak B29 sangat cocok untuk berwisata trackking seperti Wisata Tracking Ranu kumbolo dan Wisata Tracking Semeru. Kondisi jalur sedikit curam dan jalannya cukup berliku-liku.

Puncak B29 ini berada di Argosari, Lumajang dan merupakan salah satu dari bukit tertinggi di kawasan Taman Nasional Gunung Bromo. Puncak B29 berada di ketinggian 3.600 mdpl (meter di atas permukaan laut) dan hampir menyamai ketinggian Gunung Semeru. Puncak B29 berada tepat di sebelah tenggara Gunung Bromo, sekitar 40 km dari Kabupaten Lumajang.

Ketika kalian sampai di Puncak B29, kalian akan disuguhkan dengan keindahan dari 2 sisi. Sisi pertama dari arah Timur dan sisi kedua dari arah Barat. Jika kalian melihat ke sisi Timur, kalian akan melihat Kabupaten Lumajang secara keseluruhan. Sedangkan jika kalian melihat ke sisi arah Barat, kalian akan melihat keindahan Taman Nasional Gunung Bromo yang mendunia. Dan tentu saja kalian akan disuguhkan dengan pemandangan seperti berada di atas awan.

Selain itu, kalian juga akan disuguhkan dengan pemandangan perkebunan Argosari yang berada sejajar dengan Taman Nasional Gunung Semeru yakni pegunungan Mahameru. Ditambah dengan sunrise, pemandangan perkebunan dan Gunung Bromo, Puncak B29 bisa menjadi ikon baru pariwisata Jawa Timur.

Dari Puncak B29, hamparan perkebunan, ladang sayuran dan berbagai karakteristik daerah pegunungan akan tampak begitu jelas seolah bisa disentuh. Soal suhu? Tidak perlu ditanyakan lagi, pasti dingin. Bahkan ada yang mengatakan jika suhu di Puncak B29 ini lebih dingin dibandingkan daerah pegunungan lain yang ada di Indonesia. Jadi siapkan saja pakaian hangat jika mengunjungi lokasi ini.

Untuk menuju ke Puncak B29 yang ada di Argosari ini, kalian bisa memulai dengan tracking selama kurang lebih 4 jam dari Bukit Mentingen. Setelah itu kalian akan melewati jalan pegunungan Bromo. Kalian juga bisa melalui jalur Kabupaten Lumajang yang memiliki jalan beraspal dan bagus. Jaraknya sekitar 40 km dari kota Lumajang menuju Kecamatan Senduro hingga akhirya berakhir di Desa Argosari.

Menarik bukan? Kalian tidak harus melulu mengunjungi tempat-tempat yang sudah terekspos atau mainstream. Kalian bisa mulai mendatangi trmpat-tempat yang masih jarang diekspos karena keindahannya masih terjaga alami. Tapi, tetap harus ingat untuk selalu menjaga sopan santun serta kebersihan. Selamat berlibur!

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.